Pembuatan Region Uniform

Dalam pembuatan region uniform harus memperhatikan beberapa persyaratan berikut.

a. Mengelompokkan tempat-tempat berdasarkan jenis objek atau peristiwa yang diinginkan. Misalnya, jika kita bertujuan membagi satu wilayah ke dalam region-region bentang alam (landform), maka kita harus mengelompokkan wilayah itu menjadi dataran rendah (plains), perbukitan (hi/I), dan pegunungan (mountains).
b. Mengelompokkan jenis atau tipe-tipe yang sama dari berbagai objek yang ada dan menarik garis batas yang memisahkan setiap zone tersebut. Adapun cara untuk menarik batas tersebut adalah sebagai berikut.
  • Region sedapat mungkin harus homogen. Region yang homogen memiliki tingkat kesamaan yang kuat di antara tempat-tempat yang ada dalam setiap region.
  • Setiap bagian dari region itu harus merupakan satu kesinambungan. Artinya tidak ada ada bagian yang tidak termasuk ke dalam salah satu region.
  • Semua tempat harus dikelompokkan menjadi beberapa region dan tidak ada satu tempat yang dikelompokkan ke dalam lebih dari satu region.
Pembagian wilayah berdasarkan aspek-aspek atau kriteria yang berbeda sangatlah sulit, karena ukuran yang tidak jelas atau tidak terbatas sehingga sulit menentukan dasarnya. Adapun langkah pembuatan region adalah sebagai berikut.
a. Menentukan kriteria.
b. Mencari batas-batas yang memiliki karakter yang kuat yang sesuai dengan kriteria. Daerah yang memiliki karakter sangat jelas atau kuat tersebut disebut heartland.
c. Menentukan sampai batas mana suatu karakter itu tidak dominan lagi untuk membuat batas luarnya.
d. Jika terdapat wilayah yang memiliki karakter berbeda dengan region utama, maka wilayah tersebut dapat dijadikan region yang lain dengan karakter yang berbeda pula. Tentukan batas region transisinya.
Jika suatu wilayah mempunyai kenampakan majemuk atau menjadi wilayah transisi yang mempunyai ciri ganda, maka zone transisi tersebut akan menjadi region tersendiri.
clip_image004
clip_image006
clip_image008
]]>

Baca Juga :   Perbedaan Antara Desa Dan Kota

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here