Pembangunan Nasional

1. Tujuan Pembangunan Nasional

Sebagai pengganti GBHN, kini telah dipersiapkan program pembangunan nasional (Propenas) beserta landasan operasionalnya yang dituangkan dalam Undang-undang No. 25 tahun 2000. sebagai landasan idiilnya adalah Pancasila dan landasan konstitusionalnya adalah UUD 1945. pembangunan nasional merupakan rangkaian upaya pembangunan yang perkesinambungan, meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa dan negara untuk mewujudkan tujuan nasional yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, mewujudkan kesejahteraan umum, mecerdaskan kehidupan negara, dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Di dalam program pembanguna nasional, telah di tetapkan tujuan pembangunan nasional yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan RI yang didukung oleh manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai Iptek, serta memiliki etos kerja yang tinggi dan berdisiplin.
2. Sasaran Pembangunan Nasional
Untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional sebagaimana yang diamanatkan dalam Propenas, ditetapkan prioritas sasaran pembangunan nasional dengan mempertimbangkan pengalaman membangun pada masa lalu, dan bebagai kemungkinan keadaan pada masa depan.
Prioritas Sasaran Pembangunan Nasional adalah sebagai berikut:
  • Membangun sistem politik yang demokratis serta mempertahankan persatuan dan kesatuan.
  • Mewujudkan supremasi hukum dan pemerintahan yang baik.
  • Mempercepan pemulihan ekonomi dan memperkuat landasan pembangunan. berkelanjutan dan berkeadilan yang berdasarkan sistem ekonomi kerakyatan
  • Meningkatkan pembangunan daerah.
Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan pertumbuhan ekonomi yang baik sebagai prasarat tercapainya pembangunan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
]]>

Baca Juga :   Contoh Organisasi Multilateral Regional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here