Pemanfaatan Teknologi Komunikasi di Indonesia

Pemerintah telah berhasil menambah jumlah kantor pos pembantu di kecamatan-kecamatan. Bahkan ada pula dinas pos keliling masuk ke kampung-kampung. Pembangunan telekomunikasi, telepon, telegraf sudah meningkat dengan pesat.

a. Pemanfaatan Teknologi Lewat Satelit
1). Satelit komunikasi yang ada di Indonesia dan rangkaian menara gelombang mikro. Sebelum pemakaian Satelit Palapa Indonesia kita menggunakan Satelit Intelsat 3F3 tanggal 29 September 1969. Satelit ini kita pakai untuk berhubungan dengan luar dan antena parabolanya diarahkan ke Samudera Indonesia (Hindia). Pada Bulan Juli satelit itu diganti dengan Intelsat 4AF6 yang berada. di atas Samudera Pasifik. Karena semakin banyaknya kebutuhan pemakaian telepon, telegraf, dan siaran televisi, hubungan luar negeri diperluas dan bisa memakai Satelit Intelsat 4F8 yang ditempatkan di Samudera Pasifik.
2). Telekomunikasi dalam Negeri Rangkaian Menara Gelombang Mikro
Dengan pemakaian Rangkaian Menara Gelombang Mikro kita setah membangun gelombang mikro Sumatera, gelombang mikro Jawa Bali, gelombang mikro Bali, Nusa Tenggara Barat sampai Makasar. Dan kini dibangun menara relay untuk memperbesar dan merencanakan ulang gelombang untuk mikro itu. Disamping rangkaian menara gelombang mikro, Untuk Surabaya dan Banjarmasin dibangun sistem hamburan troposfer. Dan diterima di bumi melalui pembiasan troposfer.
3). Satelit Palapa
Untuk mempercepat kemajuan di bidang te1ekomunika Indonesia maka dibangunlah SKSD (Sistem Komunikasi Satelit Domestik). Satelit ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia dan dinamakan Satelit Palapa, untuk melambangkan kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia. Dengan adanya Satelit Palapa sudah dapat dilihat perkembangan pembangunan diseluruh bidang di seluruh pelosok tanah air. Dengan demikian apa yang ada di Aceh, Manado, Makasar, Madura, Padang, Jakarta, Surabaya, dan Irian Jaya dapat dilihat melalui TVRI. Kita mengenal tarian Aceh, tarian dari Irian Jaya, dan lain-lain. Demikian pula bidang pertanian, ekonomi, pendidikan, hasil alam, dan keindahan alam setiap pulau, setiap provinsi dapat kita lihat dengan cepat.
]]>

Baca Juga :   Jenis-jenis Perhubungan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here