Langkah-Langkah untuk Mendapatkan Data Geografi dari Hasil Penginderaan Jauh

Ada beberapa langkah untuk mendapatkan data geografi dari hasil penginderaan jauh, yaitu sebagai berikut.

Mendapatkan Data Geografi dari Hasil Penginderaan Jauh

A. Deteksi (Pengamatan terhadap Suatu Objek)

Untuk mendeteksi gejala yang terdapat pada benda di sekitar kita, penginderaannya tidak dilakukan secara langsung terhadap benda, melainkan dengan mengkaji hasil rekamannya (foto udara atau foto satelit). Misalnya, pada gambaran bangunan sebuah sekolah di sebelahnya ada gambar segi empat.

B. Identifikasi (Pengejaan Ciri-Ciri Benda)

Identifikasi adalah upaya mencirikan objek yang telah dideteksi. Benda yang tergambar pada citra dibedakan berdasarkan ciri yang terekam oleh sensor. Ada tiga ciri utama identifikasi, yaitu sebagai berikut.

  • Spektral ialah ciri yang dihasilkan oleh interaksi antara tenaga elektromagnetik dengan benda. Ciri spektral dinyatakan dengan rona dan warna.
  • Spasial ialah ciri yang terkait dengan ruang. Misalnya, bentuk, ukuran, bayangan, pola, tekstur, situs, dan asosiasi. Setelah dideteksi terhadap bentuk, ukuran, dan letaknya, ternyata objek di dekat bangunan sekolah tersebut adalah lapangan sepakbola.
  • Temporal ialah ciri yang terkait dengan umur benda atau saat perekaman.

Misalnya, pada usia hingga satu bulan, tanaman jagung sulit dibedakan terhadap tanaman tebu. Setelah tanaman jagung berusia lebih dari 2,5 bulan, kedua-duanya baru dapat dibedakan. Air tampak gelap pada musim kemarau (karena jernih airnya) dan tampak cerah pada musim penghujan (karena keruh airnya).

C. Analisis atau Pengenalan

Analisis atau pengenalan ialah penyimpulan atas wujud yang tergambar berdasarkan ciri-ciri benda yang bersangkutan. Misalnya, objek yang dideteksi dan diidentifikasi adalah gambaran segi empat di dekat sekolah dengan dua pasang tiang yang berhadap-hadapan (gawang). Dapat disimpulkan lapangan tersebut adalah lapangan sepak bola.

sumber : Iskandar, L. 2009. Geografi 3 : Kelas XII SMA dan MA. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya 
Baca Juga :   Pengertian SIG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here