Kualitas Lingkungan Hidup

Pemahaman tentang mutu lingkungan sangat penting sebagai dasar dan pedoman dalam mencapai tujuan pengelolaan lingkungan hidup. Mutu lingkungan seharusnya tidak hanya dihubungkan dengan pencemaran, erosi dan banjir tapi juga harus kita kelola lingkungan tersebut dengan baik agar kita mengetahui arah pengembangan lingkungan sehingga kita mendapatkan mutu lingkungan hidup.

Kualitas lingkungan hidup adalah derajat kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dasar manuisa tersebut antara lain sandang, pangan, perumahan, pendidikan, kesehatan, keamanan, pekerjaan dan perlindungan hidup.
clip_image002
Gambar 1.3
Lahan menyediakan potensi yang perlu dikembangkan oleh manusia
Sumber: Indonesian Heritage, Manusia dan Lingkungan, 2002.
Secara garis besar kualitas lingkungan hidup dibedakan menjadi
  1. Kualitas lingkungan alam fisik yaitu kondisi alamiah, baik biotik maupun abiotik yang berpengaruh terhadap kehidupan manusia.
  2. Kualitas lingkungan sosial yaitu kondisi manusia, baik secara individu maupun kelompok yang berpengaruh terhadap perubahan perkembangan manusia.
  3. Kualitas lingkungan budaya yaitu kondisi materi (benda) atau nonmateri yang dihasilkan manusia melalui aktivitas dan kreativitasnya yang berpengaruh terhadap kehidupan.
]]>

Baca Juga :   Pembagian Jenis Lingkungan Menurut Supardi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here