Keterikatan Sarana Transportasi dengan Aglomerasi Industri

Kelangsungan aktivitas ekonomi, baik pertanian, perdagangan, jasa, maupun industri tidak terlepas dari transportasi. Transportasi merupakan fasilitas yang memberikan pelayanan untuk memindahkan orang-orang dan barang dari satu tempat ke tempat lain.

Persebaran industri tertentu pada tingkat daerah dan nasional menyangkut hal-hal berikut ini.
A. Jaringan Pengangkutan
Untuk dapat menunjang kelancaran lalu lintas barang dari hasil industri maka dilakukan pembinaan sarana komunikasi, meliputi hal-hal berikut ini.
1) Transportasi Darat
Di daerah yang dinamika ekonominya tinggi dibagun jalan tol, tujuannya untuk memperlancar arus barang, untuk memperlancar lalu lintas, dan merupakan usaha untuk membebankan biaya pembuatan jalan kepada pemakai jalan. Selain itu, hubungan darat juga dilakukan dengan kereta api yang digunakan untuk angkutan orang maupun barang.
2) Transportasi Laut dan Sungai
Untuk dapat berhubungan antarpulau, sarana transportasi laut sangat penting.
a) Transportasi laut dikelompokkan menjadi enam golongan, sebagai berikut.
  1. Pelayaran samudera yang melayani hubungan antarnegara. Digunakan untuk ekspor barang-barang hasil bumi maupun hasil industri Indonesia.
  2. Pelayaran Nusantara yang melayani hubungan antarpulau. Misalnya, pelayaran dari Surabaya ke Banjarmasin dan pelayaran dari Merak ke Bakauhuni.
  3. Pelayaran khusus, yaitu sarana angkutan laut bagi barang-barang khusus untuk jalur dalam negeri maupun luar negeri. Misalnya, minyak bumi, minyak sawit, pupuk, aspal, kayu, dan batu bara.
  4. Pelayaran lokal, pelayaran untuk melayani hubungan antara satu tempat dengan tempat yang lainnya dengan jarak tidak terlalu jauh (di dalam suatu wilayah), misalnya pelayaran dari Banjarmasin ke Sampit, Palangkaraya; dan pelayaran dari Pontianak ke Singkawang.
  5. Pelayaran rakyat, yaitu terutama pelayaran untuk melayani tempat- tempat terpencil dan mengangkut hasil-hasil industri dari tempat lain untuk dipasarkan di tempat tersebut.
  6. Pelayaran perintis, yaitu melayani jalur pelayaran yang dinamika perekonomiannya rendah agar dapat merangsang peningkatan kegiatan ekonomi.
b) Pelayaran Sungai
Pelayaran sungai juga sangat penting sebagai sarana angkutan barang, terutama di Sumatera bagian tengah dan selatan, Kalimantan, dan Irian Jaya (Papua).
3) Transportasi Udara
Transportasi udara di Indonesia diusahakan oleh pemerintah maupun swasta. Transportasi udara ini terutama untuk angkutan orang dari satu tempat ke tempat lain. Penerbangan perintis adalah penerbangan dengan jadwal tetap untuk melayani tempat-tempat terpencil. Misalnya, daerah pedalaman Irian Jaya (Papua), daerah-daerah Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Timur.
4) Komunikasi
Sarana komunikasi yang membantu dalam bidang industri adalah alat telekomunikasi, misalnya telepon, telegraf, dan teleks. Oleh karena itu, untuk meningkatkan produksi perlu ditunjang dengan adanya komunikasi yang lancar.
B. Sarana Pendukung Lainnya
Sarana pendukung industri di Indonesia pada das arnya ada dua, yaitu sebagai berikut.
  1. Jumlah penduduk. Berdasarkan hasil survey Badan Pusat Statistik tahun 2002, jumlah penduduk Indonesia mencapai 212.003.000 jiwa. Dari jumlah tersebut, sekitar 124.332.000 jiwa tinggal di Pulau Jawa. Penduduk tersebut dapat berfungsi sebagai tenaga kerja dan juga sebagai konsumen bagi industri.
  2. Sumber daya alam, sebagai bahan mentah berupa hasil tambang, pertanian, dan didukung sarana transportasi. Itulah sebabnya persebaran lokasi industri di Indonesia terpusat di Pulau Jawa. Sebagai faktor pendukung tambahan adalah kemajuan di bidang iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi). Indonesia sebagai negara berkembang, melaksanakan secara aktif proses alih teknologi dari negara-negara maju. Perlu diketahui bahwa proses alih teknologi memakan waktu dan tergantung dari kebijakan pihak pemilik teknologi.
sumber : Iskandar, L. 2009. Geografi 3 : Kelas XII SMA dan MA. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya
]]>

Baca Juga :   Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Industri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here