Interaksi Unsur-unsur Lingkungan

Suatu organisme tidak dapat sendiri, namun bergantung pada organisme lain dan sumber daya alam yang ada di sekitarnya sebagai sumber pangan, perlindungan dan perkembangbiakan sehingga membentuk suatu ekosistem. Berdasarkan komponen penyusunnya, suatu ekosistem terdiri dari 4 komponen yaitu:

1. Komponen Abiotik
Terdiri atas komponen fisik dan kimia yang terdiri atas air, tanah, udara, sinar matahari dan dan mineral. Komponen abiotik merupakan media untuk berlangsungnya proses kehidupan.
2. Organisme Produsen
Merupakan organisme autotrof yaitu organisme yang mampu menyediakan atau mensintesis makanannya sendiri yang berupa bahan- bahan organik dan anorganik dengan bantuan sinar matahari. Pada umumnya organisme autotrof adalah tumbuhan berklorofil.
3. Organisme Konsumen
Merupakan organisme heterotrof yaitu organisme yang mampu memanfaatkan bahan-bahan organik sebagai bahan makanannya. Contoh organisme konsumen antara lain hewan dan manusia.
4. Pengurai
Pengurai/perombak/decomposer merupakan organisme heterotrof yang menguraikan bahan-bahan organik yang telah mati. Organisme pengurai berupa mikroorganisme yang terdiri dari bakteri dan jamur.
]]>

Baca Juga :   Pembagian Jenis Lingkungan Menurut Supardi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here