Ciri-Ciri Negara Maju

Negara maju pada umumnya memiliki pertumbuhan penduduk yang kecil, karena orientasi hidup mereka adalah untuk bekerja. Sementara itu negara maju sudah menerapkan zerro population growth ( pertumbuhan penduduk kearah nol) sebagai kebijakan negara. Disamping itu negara maju sudah mampu mengelola sumberdaya alamnya secara efekif dan efesien dengan menerapkan teknologi yang canggih. Industri sekunder dan industri pertanian berkembang dengan pesat, dengan teknolog canggih. Dalam pengelolaan sumberdaya alamnya sudah memperhatikan kelestarian lingkungan hidup secara berkelanjutan.

Agar lebih jelasnya marilah kita bicarakan ciri-ciri negara maju sebagai berikut :

1. Segi Ekonomi (Pendapatan per Kapita)

Pertumbuhan ekonomi negara maju sangat pesat. Sebagian besar penduduknya bekerja di sektor industri dan jasa. Pendapatan per kapita penduduknya tinggi.

2. Kualitas Penduduk

a) Tingkat Pendidikan Tinggi
Masyarakat di negara maju umumnya memiliki pendidikan yang tinggi, demikian juga dalam hal penguasaan ilmu dan teknologi berkembang dengan pesat. Berkaitan dengan itu maka negara maju memiliki kemampuan untuk mengelola sumberdaya alam secara optimal. Berbagai industri mereka miliki muali dari industri ringan sampai ke industri berat.
Berkat penguasaan teknologi inilah maka masyarakat negara maju berkembang menjadi masyarakat modern, kreatif dan inovatif. Sebagian besar Tingkat pendidikan di negara maju wajib belajarnya sudah mencapai tingkat Sekolah Menengah Atas.Contoh negara maju yang melaksanakan wajib belajar setingkat SMA adalah Amerika Serikat, Australia, Inggris, Prancis, Jepang, dan Singapura. Prasarana dan sarana pendidikan di negara maju sudah memadai ketersediaannya
Kualitas penduduk suatu negara dapat diukur dari tingkat pendidikannya. Mengapa? Karena tingkat pendidikan akan berpengaruh terhadap pola berpikir seseorang, berpengaruh pula kepada tingkat kesehatan. Tingkat kesehatan yang baik berpengaruh terhadap kelahiran bayi yang baik, tidak akan mengalami kekurangan gizi, bahkan berpengaruh besar juga terhadap kematian bayi. Kecilnya kematian bayi berpengaruh terhadap angka usia harapan hidup.Akibat pertumbuhan penduduk yang rendah, maka timbulah permasalahan pendudk, yang dikenal dengan masalah kekurangan penduduk.
b) Tingkat Produktivitas Tinggi
Produktivitas per tenaga kerja diperoleh dengan menentukan keseluruhan produksi selama satu tahun dibagi jumlah seluruh akatan kerja. Hal ini disebabkan karena sebagian besar penduduk bekerja pada sektor industri. Industri menyebabkan produktivitas tinggi, sehingga pertumbuhan ekonomi negara makin cepat.
c) Tingkat Pertumbuhan Penduduk
Tingkat pertumbuhan penduduk di Negara-negara maju relative rendah, yaitu dibawah 1% per tahun. Hal ini disebabkan karena angka kelahiran dan kematian sudah dapat dikontrol dan sebagian besar penduduk berstatus menikah telah menggunakan alat kontrasepsi. Angka kematian bayi di negara maju berkisara antara 8 – 14 orang per 1000 jiwa, Begitu pula angka kematian berkisar anatar 4 – 10 orang per 1000 jiwa, Indikator tingkat pendidikan dan kesehatan, serta kecilnya kematian, menunjukkan baiknya kualitas penduduk negara maju.
d) Tingkat Pengangguran Semu
Pengangguran semu tidak terjadi karena lapangan kerja cukup tersedia, dibidang industri, penggunaan tenaga kerja yang sesuai dengan bidangnya, lebih profesional, dan efisien, dibanding negara-negara berkembang.
e) Produk Utamanya barang sekunder dan tersier
Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan didukung oleh sumberdaya alam berupa hasil tambang seperti biji besi, tembaga dan lainlian. Barang tambang merupakan bahan baku bagi perindustrian. Produk utamanya adalah barang-barang sekunder (manufaktur) dan tersier (jasa). Ekspor utamanya terdiri dari barang-barang buatan pabrik, seperti mesin-mesin, elektronik, bahan-bahan kimia, serta jasa.

3. Lingkungan Fisik

Luas wilayah negara-negara maju sama seperti halnya luas di negara-negara berkembang sangat bervarisi ada yang luas seperti Amerika Serikat, tetapi ada yang sempit sepeti Jepang, Singapura. Demikian pula kepemilikan sumberdaya alamnya bervariasi, ada yang kaya bahan tambang, ada pula miskin sumberdaya alamnya seperti misalnya Jepang. Namun lingkungan fisik ini nampaknya bukan merupakan kendala. Negara maju yang meiliki sumberdaya alam yang sedikit masih saja menjadi negara maju yang besar di dunia, seperti Jepang. Industrinya maju pesat, perdagangannya juga maju. Mengapa demikian karena ? Karena negara-negara maju sudah mengelola lingkungan fisiknya secara maksimal.
Mengembangkan wilayah pantai menjadi kota-kota pelabuhan yang strategis, untuk melakukan perdagangan luar negeri. Pelabuhan berperan sebagai penyedia bahan mentah demi kemajuan industri. Dalam hal pemanfaatan energi alternatif sudah banyak dilakukan, misalnya dari sumberdaya air sebagai pembangkit listrik, tenaga surya, tenaga angin dan panas bumi untuk kepentingan industrinya.
Legawa, I Wayan , dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Sosial: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX Edisi 4. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
]]>

Baca Juga :   Region Formal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here