Cabang-Cabang Geografi

Geografi dapat diklasifikasikan menjadi tiga cabang, yaitu physical geography (geografi fisik), human geography (geografi manusia), dan regional geography (geografi regional).

a. Physical geography (geografi fisik), mempelajari gejala fisik permukaan bumi yang meliputi tanah, air, udara dengan segala prosesnya.
b. Human geography (geografi manusia), mempelajari aspek keruangan gejala di permukaan bumi dengan manusia sebagai objek pokok. Termasuk di dalamnya adalah aspek kependudukan dan kegiatan manusia, yaitu kegiatan ekonomi, politik, sosial, dan budaya.
Geografi manusia dibagi lagi menjadi beberapa cabang sebagai berikut.
  1. Population geography (geografi penduduk), objek studinya adalah aspek keruangan dari penduduk yang meliputi persebaran, kepadatan, sex ratio (perbandingan jenis kelamin), dan perbandingan manusia dengan luas tanah.
  2. Economic geography (geografi ekonomi), objek studinya adalah struktur keruangan aktivitas ekonomi manusia, termasuk pertanian, industri, perdagangan, transportasi, dan komunikasi. Geografi ekonomi dapat dibagi menjadi geografi pertanian, geografi industri, geografi perdagangan, geografi transportasi dan komunikasi.
  3. Political geography (geografi politik), objek studinya adalah aspek keruangan pemerintahan atau kenegaraan yang meliputi hubungan regional dan internasional pemerintahan atau kenegaraan di permukaan bumi.
  4. Settlement geography (geografi permukiman), objek studinya mengenai perkembangan permukiman di suatu wilayah di permukaan bumi, bentuk pola permukiman, faktor-faktor geografis yang mempengaruhi perkembangan dan pola permukiman. Cabang geografi ini erat sekali hubungannya dengan sejarah dan perekonomian suatu wilayah.
  5. Social geography (geografi sosial), objek studinya adalah ciri-ciri khas penduduk, organisasi sosial, unsur kebudayaan, dan kemasya- rakatan dalam ruang (tempat) tertentu.
c. Regional geography (geografi regional), merupakan ilmu yang menjelaskan hubungan manusia dengan lingkungannya di suatu wilayah. Geografi regional mempelajari berbagai persebaran manusia pada wilayah tertentu, baik lokal maupun benua
sumber :
Iskandar, L. 2009. Geografi 1 : Kelas X SMA dan MA. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya
]]>

Baca Juga :   Pengertian Geografi dan Geografi Lingkungan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here