7 Prinsip Utama Dalam Menyeleksi Materi Pembelajaran

Prinsip-prinsip menyeleksi materi pembelajaran seperti dikemukakan oleh Aziz (1982) tersebut, selanjutnya diorganisasikan menurut landasan dan prinsip-prinsip berikut.

Pertama, guru memilih bagian materi yang selaras dengan tingkat intelektual siswa dan dengan alokasi waktu yang tersedia.
Kedua, guru memilah materi ini ke dalam beberapa sekuens – tentu saja di antara sekuens tersebut perlu ada perhentian – dan pada akhir dari setiap sekuens hendaknya ada masa yang dimanfaatkan untuk mereviu sekuens sebelumnya.
Ketiga, hendaknya guru memvariasikan ilustrasi dan contoh, sehingga tampak jelas keuniversilan dan kekokohan teori atau prinsip yang diajarkan.
Keempat, hendaknya guru memfokuskan diri pada point yang dianggap penting bagi siswa. Dia pun hendaknya beralih secara berangsur-angsur dari point yang satu ke point yang lain. Peralihan hanya dilakukan jika siswa telah mampu mencerna point sebelumnya. Guru jangan hanya mementingkan penjelasan aneka hakikat, tetapi perlu menggali hapalan dan ingatan para siswa.
Kelima, hendaknya guru menjelaskan hubungan antara point yang satu dengan point yang lain, sehingga dengan cara seperti itu materi pembelajaran merupakan satu kesatuan yang utuh.
Keenam, perlu diperhatikan pelibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran pada setiap kesempatan yang ada, baik melalui cara bertanya atau diminta mengulangi atau menyebutkan materi yang telah disampaikan. Hal ini bertujuan untuk memotivasi siswa agar mengerahan upayanya dalam mencapai kebenaran dan agar mereka tidak mengalami kebosanan.
Ketujuh, guru perlu memilah antara siswa yang cerdas dan yang normal, antara yang kuat dan yang lemah. Demikian pula guru hendaknya mendistribusikan pertanyaan kepada seluruh siswanya secara proporsional, di samping berupaya membangkitkan siswa yang lemah.
Demikianlah, kegiatan seleksi dan pengorganisasian materi pembelajaran yang dikemukakan ‘Aziz (1982: 210-217).
]]>

Baca Juga :   Seputar Segitiga Bermuda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here