5 Manfaat Atmosfer Untuk Kehidupan Manusia

Atmosfer sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia yang ada di bumi antara lain sebagai berikut.

  1. Untuk bernafas makhluk hidup (O2)
Semua makhluk hidup bernafas membutuhkan atmosfer, khususnya gas oksigen (O2) yang mana lapisan ini banyak terdapat pada lapisan troposfer.
  1. Menjaga agar suhu bumi tetap hangat
Sinar yang dipancarkan oleh matahari ke bumi akan dipantulkan kembali ke atmosfer sehingga atmosfer bagian bawah yang berhubungan langsung dengan bumi akan lebih panas atau hangat dan atmosfer tersebut akan selalu menjaga agar suhu bumi tersebut tidak lepas dan selalu hangat.
  1. Melindungi bumi dari serangan meteor
Dengan adanya atmosfer khususnya lapisan mesosfer, bumi kita ter-hindar dari serangan meteor yang jatuh ke bumi karena meteor-meĀ­teor yang jatuh ke bumi sebagian besar sudah habis terbakar oleh lapisan mesosfer. Hanya ada beberapa saja yang tidak habis dan jatuh ke permukaan bumi.
  1. Melindungi makhluk hidup dari sinar ultraviolet
Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kehidupan manusia atau makhluk hidup yang ada di bumi. Dengan adanya gas ozon yang ada pada lapisan stratosfer yang dapat menyerap sinar ultraviolet maka keberlangsungan makhluk hidup yang ada di bumi dapat terjaga.
  1. Dapat memantulkan gelombang radio
Lapisan Kennely Heaviside dan Appleton yang terdapat pada lapisan ionosfer dapat memantulkan gelombang radio. Hal ini sangat bermanfaat dalam dunia komunikasi. Kita dapat mendengarkan siaran radio walaupun dari pemancar yang jauh sekalipun. Contoh: Kita dapat mendengarkan gelombang radio BBC yang ada di London (Inggris).
]]>

Baca Juga :   Penjelasan Tekanan udara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here