Fungsi Asli dn Turunan Uang Beserta Penjelasan

Fungsi uang lebih jelas dan mudah digambarkan melalui perbandingan sistem ekonomi barter dan sistem ekonomi yang sudah menggunakan uang. Kebutuhan akan fungsi-fungsi tertentu hanya dapat dipenuhi oleh uang.

Fungsi uang dibedakan menjadi dua macam, yaitu fungsi asli dan fungsi turunan.

A. Fungsi Asli (Primer)

  • Sebagai Alat Tukar (Medium of Exchange). Uang merupakan alat untuk mempermudah pertukaran barang dan jasa. Dengan uang semua orang dapat membeli beragam barang dan jasa.
  • Sebagai Satuan Hitung (Unit of Account). Uang dapat ditukarkan sebagai alat ukur dengan menentukan harganya. Setiap barang dan jasa memiliki harga-harga tersendiri, dan harga-harga tersebut dinilai dalam satuan uang.

B. Fungsi Turunan (Sekunder)

  • Sebagai Alat Pembayaran (Mean of Payment). Uang tidak hanya berfungsi sebagai alat jual beli atau tukar menukar, tetapi dapat digunakan untuk pembayaran tanpa imbalan atau kontraprestasi, seperti membayar pajak, melunasi utang, dan membayar denda.
  • Sebagai Alat Penyimpan Kekayaan (Store of Value) Dengan menyimpan uang berarti seseorang menyimpan kekayaannya dalam bentuk kas untuk mempermudah pertukaran dan transaksi lainnya.
  • Sebagai Alat Pemindah Kekayaan. Uang sebagai media untuk mengganti bentuk kekayaan. Misalnya apabila seseorang ingin memiliki mobil dan ia memiliki tanah, maka tanah tersebut ia jual untuk kemudian uangnya dibelikan mobil.