Fauna di Indonesia dan Perbedaannya

Jutaan tahun yang lalu, pulau di Sumatera, Kalimantan merupakan bagian dari daratan Asia, sedangkan pulau Sulawesi, Mentawai dan sekitarnya yang terpisah dari kedua daratan itu. Dengan naiknya permukaan laut pada zaman es mencair, maka pulau yang semula menjadi bagian dari benua Asia dan Australia menjadi terpisah.

Flora dan fauna yang semula merupakan flora dan fauna Asia mengalami penyesuaian diri, oleh karena itu ciri-ciri flora dan fauna di Sumatera, Kalimantan, dan Jawa mirip dengan yang ada di Asia namun memiliki perbedaan. Misalnya gajah Sumatera berbeda dengan gajah yang ada di Asia dan Jawa.
Di daratan yang tidak berasal dari pemisahan kedua benua itu, tiap flora dan fauna endemik (asli) Indonesia. Fauna asli Indonesia berada di Sulawesi dan sekitarnya antara lain Anoa, Babi rusa, beruang maleo, kera dan komodo.
a. Binatang Asiatis
Maksudnya adalah jenis binatang yang dapat digolongkan binatang Asia.jenis binatang ini terdapat di Indonesia bagian barat yaitu Jawa, Bali, Sumatra, dan Kalimantan.
Peta persebaran fauna di Indonesia
b. Binatang Australia
Maksudnya adalah jenis binatang yang dapat digolongkan binatang Australia. Jenis binatang ini terletak di Indonesia timur seperti Irian Jaya dan pulau-pulau lain di sekitarnya. Jenis binatang Australia meliputi jenis burung berwarna dan binatang berkantung.
clip_image002
 Gb. Cendrawasih
c. Binatang peralihan
Maksudnya adalah jenis binatang yang dapat digolongkan binatang Asia dan sekaligus binatang Australia. Jenis binatang peralihan misalnya Anoa dan komodo.
clip_image006
Gb. Komodo
Perbedaan binatang Asia dan Australia dapat dilihat dalam tabel :
Jenis binatang Asia Jenis binatang Australia
Ø .Banyak jenis binatang yang menyusui
Ø Tidak terdapat binatang berkantung
Ø Tidak banyak burung berwarna
Ø Banyak ikan air tawar
Ø Tidak banyak binatang menyusui
Ø Banyak terdapat binatang berkantung
Ø Banyak jenis burung berwarna
Ø Tidak banyak ikan air tawar
]]>