Home GeografiHidrosfer Faktor yang Mempengaruhi Arus Laut dan Nama Arus Laut di Dunia

Faktor yang Mempengaruhi Arus Laut dan Nama Arus Laut di Dunia

by geografi
0 comment

Arus Laut atau Sea Current ialah gerakan massa air bahari dari satu tempat ke tempat lain baik secara vertikal maupun secara horizontal.
Faktor-faktor yang mempengaruhi arus bahari antara lain :
  1. Gaya Coriolis, yaitu gaya yang membelok arah arus dari tenaga rotasi bumi. pembelokan itu akan mengarah ke kanan di belahan bumi utara dan mengarah ke kiri di belahan bumi selatan.
  2. Angin yang bertiup
  3. Perbedaan kadar garam atau salinitas
  4. Perbedaan Suhu
  5. Adanya rintangan pulau atau benua
Nama – Nama Arus yang terdapat di Samudra :
A. Di Samudera Pasifik
Belahan Utara Khatulistiwa
  1. Arus Khatulistiwa Utara : arus panas yang mengalir menuju ke arah barat sejajar dengan garis khatulistiwa dan di timbulkan serta di dorong oleh angin pasat timur laut
  2. Arus Kuroshio : Lanjutan arus khatulistiwa utara lantaran sesudah hingga di akrab Kepulauan Filipina, arahnya menuju ke utara. Arus ini merupakan arus panas yang mengalir dari utara Kepulauan Filiphina, menyususr sebelah timur kepulauan Jepang dan terus ke pesisir Amerika Utara (terutama Kanada). Arus ini didorong oleh Angin Barat.
  3. Arus Kalifornia : Mengalir di sepanjang pesisir barat Amerika Utara ke arah Selatan menuju ke Khatulistiwa. Arus ini merupakan lanjutan Arus Kuroshio, termasuk arus menyimpang dan dingin.
  4. Arus Oyashio : Arus cuek yang di dorong oleh angin timur dan mengalir dari selat bearing menuju ke selatan dan berakhir di sebelah timur Kepulauan Jepang bertemu dengan arus Kuroshio. Di tempat pertemuan arus cuek Oyashio dan arus panas Kuroshio terdapat kawasan perikanan yang kaya, alasannya plankton-plankton yang terbawa oleh arus Oyashio berhenti pada kawasan pertemuan arus panas Kuroshio yang hangat dan tumbuh subur.
Baca Juga :   3 Jenis Hujan dan Penjelasannya
Belahan Selatan Khatulistiwa
  1. Arus Khatulistiwa Selatan : Arus panas yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa. arus ini di dorong oleh angin Pasat Tenggara
  2. Arus Humboldt atau Arus Peru Lanjutan dari sebagian arus khatulistiwa selatan yang mengalir di sepanjang barat Amerika Selatan menyususr ke arah Utara. Arus ini merupakan Arus menyimpang dan termasuk arus dingin
  3. Arus Australia Timur : merupakan lanjutan arus khatulistiwa Selatan yang mengalir di sepanjang peisisr Australia Timur dari arah utara ke selatan (sebelah timur Great Barrier Reef).
  4. Arus Angin Barat : lanjutan dari sebagian arus Australia Timur yang mengalir menuju ke timur dan sejajar dengan garis ekuator. Arus ini di dorong oleh angin barat.
Di Sepanjang Garis Khatulistiwa
Arus Pengisi atau arus kompensasi : Arus Khatulistiwa Utara dan Arus khatulistiwa Selatan sesudah bergerak meninggalkan tempat yang tinggi airnya lebih rendah dari sekitarnya sehingga tempat ini di isi oleh ajaran air bahari gres yang membentuk arus. Contoh : Arus Sungsang Khatulistiwa yang mengalir sepanjang garis khatulistiwa ke timur dan merupakan arus Panas.
B. Di Samudera Atlantik
Belahan Utara Khatulistiwa :
  1. Arus Khatulistiwa Utara : Arus Panas yang mengalir menuju ke arah barat sejajar dengan garis khatulistiwa dan di dorong oleh angin pasat timur laut
  2. Arus Teluk Gulfstream : Arus menyimpang yang segera di perkuat oleh dorongan angin besar dan merupakan arus panas. Arus Khatulistiwa Utara (di tambah dengan denbagian Arus Kahtulistiwa Selatan) semula masuk ke bahari Karibia terus ke Teluk Mexiko dan keluar dari teluk ini melalui Selat Florida (sebagai Arus Florida).
  3. Arus Tanah Hijau Timur atau Arus Greenland Timur : Arus cuek yang mengalir dari bahari Kutub Utara ke Selatan menyususr pantai Timur Tanah Hijau. Arus ini di dorong oleh angin timur yang berasal dari kawasan kutub
  4. Arus Labrador : Berasal dari Kutub Utara yang mengalir ke Selatan menyusuri pantai timur Labrador. Arus ini di dorong oleh angin timur dan merupakan arus cuek yang pada umumnya membawa gunung es yang ikut dihanyutkan
  5. Arus Canari : Arus menyimpang dan termasuk arus dingin. Arus ini merupakan sebagian arus teluk yang mengubah arahnya sesudah pengarus daratan Spanyol dan mengalir ke arah selatan menyusuri pantai barat Afrika Utara.
Baca Juga :   Faktor-faktor Penyebab Perubahan Iklim Global (El Nino dan La Lina) dan Dampaknya terhadap Kehidupan
Belahan Selatan Khatulistiwa
  1. Arus Khatulistiwa Selatan : arus panas yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis Khatulistiwa. Arus ini di dorong oleh Angin Pasat Tenggara
  2. Arus Brazillia : Lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke arah selatan menyusuri pantai Timur Amerika Selatan (khususnya Brazillia). Arus ini termasuk arus menyimpang dan merupakan arus panas.
  3. Arus Benguela : Lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke arah utara menyususri pantai barat Afrika Selatan. Arus ini merupakan Arus cuek yang akibatnya kembali menjadi arus Khatulistiwa Selatan.
  4. Arus Angin Barat : lanjutan dari sebagian arus Brazillia yang mengalir menuju ke timur dan sejajar dengan garis ekuator. Arus ini di dorong oleh angin barat dan merupakan arus dingin.
C. Di Samudera Hindia
Belahan Utara Khatulistiwa
  1. Arus Musim Barat Daya : Arus panas yang mengalir menuju ke timur menyusuri Laut Arab dan Teluk Benguela. Arus ini di dorong oleh angin demam isu barat daya. arus ini bergerak kurang besar lengan berkuasa alasannya menerima kendala dari gerakan angin pasat timur laut
  2. Arus Musim Timur Laut : Arus panas yang mengalir menuju ke barat menyusuri Teluk Benguela dan Laut Arab. Arus ini di dorong oleh angin demam isu timur laut.
Belahan Selatan Khatulistiwa
  1. Arus Khatulistiwa Selatan : arus panas yang mengalir menuju barat sejajar dengan garis khatulistiwa yang nantinya pecah menjadi dua (Arus Maskarena dan Arus Arus Agulhas sesudah hingga di timur Madagaskar) Arus ini di timbulkan dan di dorong oleh angin pasat tenggara
  2. Arus Maskarena dan Arus Agulhas : Arus menyimpang dan merupakan arus panas. Arus ini juga merupakan pecahan dari Arus Khatulistiwa Selatan. Arus Maskarena mengalir menuju ke selatan menyusuri pantai pulau Madagaskar Timur. Arus Agulhas juga mengalir menuju ke selatan menyusuri pantai Pulau Madagaskar Barat.
  3. Arus Angin Barat : Lanjutan sebagian angin barat yang mengalir ke arah utara menyususr pantai barat Benua Australia. Arus ini termasuk arus menyimpang dan merupakan arus cuek yang akibatnya kembali menjadi Arus Khatulistiwa Selatan.
Baca Juga :   6 Manfaat Laut Bagi Kehidupan
]]>

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment