Peran Informasi dalam Penyaluran Tenaga Kerja

Untuk menunjang penyaluran tenaga kerja maka peran informasi menjadi sangat penting. Contoh peran informasi ketika akan menyalurkan tenaga kerja dari satu tempat ke tempat lain, seperti :
  • 1) AKL (Antar kerja antar lokal), penyaluran/mobilisasi tenaga kerja lokal.
  • 2) AKAD (Antar kerja antar daerah), mobilisasi tenaga kerja antar daerah.
  • 3) AKAR (Antar kerja antar regional), mobilisasi tenaga kerja antar wilayah regional/kawasan tertentu, misal penyaluran tenaga kerja di kawasan ASEAN.
  • 4) AKAN (Antar kerja antar negara), mobilisasi tenaga kerja antar negara, missal pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Kuwait, ke negara lain di Timur Tengah.

Dalam penyaluran tenaga kerja bisa melalui Depnaker atau melalui Perusahaan Penyalur Tenaga Kerja Indonesia (PPTKI). Kegiatan penyalurann tenaga kerja sebaiknya dalam pelaksanaannya selalu didahului dengan pemberian peningkatan ketrampilan serta penyuluhan mengenai disiplin kerja dan materi lainnya. Hal ini bisa dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK). Dalam pelatihan ini diharapkan para pencari kerja dapat memenuhi persyaratan jabatan sesuai dengan yang diminta oleh pencari kerja atau sesuai dengan lowongan yang tersedia.

Baca Juga :   Dampak Pengangguran terhadap Pembangunan Nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here