Penjelasan 4 Faktor yang Memengaruhi Penawaran Uang

Beberapa faktor yang memengaruhi penawaran atau jumlah uang beredar adalah sebagai berikut.

a.    Pertumbuhan Pendapatan Nasional

Apabila pendapatan nasional dianggap memberikan gambaran terhadap kegiatan ekonomi masyarakat, meningkatnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB) umumnya disertai dengan meningkatnya jumlah uang beredar.

b.    Kenaikan Harga-Harga

Ditinjau dari sudut pandang ilmu ekonomi, salah satu penyebab kenaikan harga-harga (inÁasi) adalah tingginya pertambahan jumlah uang beredar di masyarakat. Jika harga-harga turun, jumlah uang beredar juga biasanya berkurang.

c.    Struktur Ekonomi Masyarakat

Struktur ekonomi masyarakat akan memengaruhi penawaran uang (jumlah uang beredar). Jumlah uang beredar pada masyarakat agraris yang didominasi para petani akan berbeda dengan jumlah uang beredar pada masyarakat industri yang didominasi oleh para pedagang atau pengusaha. Hal tersebut akan berpengaruh kepada kecepatan peredaran uang. Pada masyarakat industri kecepatan peredaran uang maupun jumlah uang beredar akan melebihi masyarakat agraris.

d.    Tingkat Suku Bunga

Tingginya tingkat suku bunga yang ditetapkan Bank Sentral terhadap bank umum, mengakibatkan kemampuan bank untuk memberikan kredit kepada masyarakat atau dunia usaha lebih kecil, sehingga jumlah uang beredar di masyarakat berkurang. Sebaliknya, tingkat bunga pinjaman rendah, kemampuan bank dalam memberikan pinjaman kepada masyarakat atau dunia usaha akan lebih besar, sehingga jumlah uang beredar di masyarakat bertambah. Sebaiknya, jika tingkat bunga pinjaman rendah, kemampuan bank dalam memberikan pinjaman kepada masyarakat atas dunia usaha akan lebih besar, sehingga jumlah uang yang beredar di masyarakat bertambah
Baca Juga :   11 Jenis Produk Perbankan: Kredit Aktif Dan Kredit Pasif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here