Pengertian Pembangunan Ekonomi dan 3 Elemen Pembangunan Ekonomi

Usaha-usaha pembangunan yang dilaksanakan oleh negara- negara yang sedang berkembang di dunia pada umumnya berorientasi pada bagaimana memperbaiki taraf hidup masyarakat di negara-negara berkembang agar mereka bisa hidup seperti masyarakat di negara-negara maju. Demikian juga Indonesia giat melaksanakan usaha-usaha pembangunan di segala bidang guna meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. Jadi, dapat dikatakan pembangunan merupakan suatu proses berkelanjutan dalam upaya mencapai peningkatan kualitas hidup.
Selanjutnya pembangunan ekonomi diartikan sebagai suatu proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk meningkat dalam jangka panjang. Di sini terdapat tiga elemen penting yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi.

1)   Pembangunan sebagai Suatu Proses

Pembangunan sebagai suatu proses, artinya bahwa pembangunan merupakan suatu tahap yang harus dijalani oleh setiap masyarakat atau bangsa. Sebagai contoh, manusia mulai lahir, tidak langsung menjadi dewasa, tetapi untuk menjadi dewasa harus melalui tahapan-tahapan pertumbuhan. Demikian pula, setiap bangsa harus menjalani tahap-tahap perkembangan untuk menuju kondisi yang adil, makmur, dan sejahtera.
 

2)   Pembangunan sebagai Suatu Usaha untuk Meningkatkan Pendapatan Perkapita

Sebagai suatu usaha, pembangunan merupakan tindakan aktif yang harus dilakukan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan pendapatan perkapita. Dengan demikian, sangat dibutuhkan peran serta masyarakat, pemerintah, dan semua elemen yang terdapat dalam suatu negara untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan. Hal ini dilakukan karena kenaikan pendapatan perkapita mencerminkan perbaikan dalam kesejahteraan masyarakat.

3)   Peningkatan Pendapatan Perkapita Harus Berlangsung dalam Jangka Panjang

Suatu perekonomian dapat dinyatakan dalam keadaan berkembang apabila pendapatan perkapita dalam jangka panjang cenderung meningkat. Hal ini tidak berarti bahwa pendapatan perkapita harus mengalami kenaikan terus menerus. Misalnya, suatu negara terjadi musibah bencana alam ataupun kekacauan politik, maka mengakibatkan perekonomian negara tersebut mengalami kemunduran. Namun, kondisi tersebut hanyalah bersifat sementara yang terpenting bagi negara tersebut kegiatan ekonominya secara rata-rata meningkat dari tahun ke tahun.
Baca Juga :   4 Macam Konsep Permintaan Berdasarkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here