Pengertian Pasar Modal Menurut Undang-undang no 8 tahun 1995

Pasar modal atau capital market adalah pasar yang mempertemukan pihak kelebihan/menawarkan dana (the lender) dan pihak yang memerlukan/membutuhkan dana (the borrower) melalui bursa dan sifat dananya jangka panjang. Pengertian lain pasar modal (capital market) adalah pasar untuk perdagangan dana jangka panjang dalam bentuk obligasi atau saham.
Dana-dana yang ditawarkan melalui pasar modal adalah dana-dana yang berbentuk surat berharga atau sekuritas/efek yang memiliki jatuh tempo lebih dari satu tahun. Oleh karena itu, pasar modal dapat disebut dengan Bursa Efek , yaitu pasar tempat bertemunya penjual dan pembeli surat berharga/efek.
Menurut Undang-undang Indonesia No 8 tahun1995 tentang Pasar Modal:
  • 1)    Pasar Modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan Perdagangan efek, Perusahaan Publik yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek.
  • 2)    Bursa Efek adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek diantara mereka.
  • 3)    Efek adalah surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas efek, dan setiap derivatif dari efek.

Baca Juga :   Lembaga Penjamin dan Mekanisme Pembentukan Harga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here