Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional memiliki peran penting dalam meningkat-kan kesejahteraan masyarakat dunia. Berikut beberapa manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan perdagangan internasional.
  • a. Menciptakan efisiensi dan spesialisasi, negara kita tidak harus memproduksi semua produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, tetapi memproduksi produk yang paling efisien dibandingkan negara lain. Hal ini menciptakan efisiensi dan spesialisasi dalam perekonomian suatu negara.
  • b. Memungkinkan konsumsi yang lebih luas bagi penduduk suatu negara, dengan adanya perdagangan internasional, masyarakat Indonesia dapat menikmati berbagai produk elektronik buatan negara Jepang seperti televisi, komputer, telepon gengam, kamera digital, dan playstation. Sebaliknya, masyarakat di negara lain dapat menikmati berbagai produk kerajinan dan karya seni bangsa Indonesia yang sangat indah dan beragam.
  • c. Mendorong semangat berprestasi dan bersaing, karena dalam perdagangan internasional dituntut produk yang memiliki mutu dan daya saing tinggi, masing-masing negara berupaya lebih produktif dan lebih efisien dalam menciptakan produk-produk yang inovatif, yang memiliki keunggulan lebih dari negara lain.
  • d. Sumber pemasukan kas negara, produk yang memiliki daya saing tinggi, karena diproduksi dengan efisien dan inovatif, akan meningkatkan ekspor sehingga dapat meningkatkan pendapatan negara.
  • e. Menjalin kerja sama dan persahabatan antarnegara, dengan adanya perdagangan internasional secara langsung akan menciptakan kerja sama dan persahabatan antarnegara untuk mencapai kemakmuran bersama.

Baca Juga :   5 Tujuan Penggunaan Devisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here