Home GeografiLithosfer Dinamika Perubahan Pedosfer dan Lithosfer

Dinamika Perubahan Pedosfer dan Lithosfer

by geografi
0 comment

Dinamika Perubahan Pedosfer – Hari ini kita akan membahas materi tersebut. Silahkan simak materi dibawah ini.

1. Pengertian Pedosfer

Pedosfer yaitu lapisan paling atas dari permukaan bumi daerah berlangsungnya proses pembentukan tanah. Secara sederhana pedosfer diartikan sebagai lapisan tanah yang menempati penggalan paling atas dari litosfer. Tanah (soil) yaitu suatu wujud alam yang terbentuk dari adonan hasil pelapukan batuan, materi anorganik, materi organik, air, dan udara yang menempati penggalan paling atas dari litosfer. Ilmu yang mempelajari tanah disebut Pedologi, sedangkan ilmu yang secara khusus mempelajari mengenai proses pembentukan tanah disebut Pedogenesa.
 

2. Faktor-Faktor Pembentuk Tanah

Ada beberapa faktor penting yang memengaruhi proses pembentukan tanah, antara lain iklim, organisme, materi induk, topografi, dan waktu. Faktor-faktor pembentuk tanah tersebut akan diuraikan lebih lanjut dalam pembagian terstruktur mengenai sebagai berikut.
a. Iklim
b. Organisme (Vegetasi dan Jasad Renik)
c. Bahan Induk
d. Topografi/Relief
e. Waktu

3. Profil dan Solum Warna, Tekstur, dan Struktur Tanah

Profil tanah yaitu penampang melintang (vertikal) tanah yang terdiri atas lapisan tanah (solum) dan lapisan materi induk. Adapun solum tanah yaitu penggalan dari profil tanah yang terbentuk sebagai akhir proses pembentukan tanahWarna, Tekstur, dan Struktur Tanah
Warna tanah merupakan petunjuk untuk beberapa sifat tanah. Faktor penyebab adanya perbedaan warna permukaan tanah pada umumnya terjadi alasannya yaitu perbedaan kandungan materi organik. Semakin tinggi kandungan materi organik, berarti semakin gelap warna tanah.
Tektur tanah mengatakan bergairah halusnya butiran tanah. Berdasarkan per ban dingan banyaknya butir-butir pasir, debu, dan liat di dalam tanah terdapat dua belas kelas tekstur tanah.
Struktur tanah merupakan gumpalan-gumpalan kecil dari tanah akhir melekatnya butir-butir tanah satu sama lain.

4. Jenis-Jenis Tanah di Indonesia

Jenis tanah yang terdapat di Indonesia bermacam-macam, antara lain sebagai berikut.
a. Litosol
b. Aluvial
c. Regosol
d. Andosol atau Tanah Gambut atau Tanah Organik
e. Latosol
f. Grumosol
g. Podsol
h. Andosol
Sekian materi mengenai Dinamika Perubahan Pedosfer dari , biar bermanfaat.
]]>

Baca Juga :   Pengertian Tenaga Eksogen dan Penjelasan Macamnya

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment