Home EkonomiManajemen Badan Usaha Definisi Manajemen Oleh Para Ahli dan Tujuannya

Definisi Manajemen Oleh Para Ahli dan Tujuannya

by Ekonomi
0 comment
Konsep manajemen muncul sebagai konsekuensi logis dari tidak seimbangnya pengembangan teknis dengan kemampuan sosial. Istilah manajemen dikemukakan oleh berbagai ahli dari sudut pandang yang berbeda, sesuai dengan latar belakang yang dimiliki. Beberapa definisi yang digunakan oleh para ahli, antara lain sebagai berikut. 
  • a. James A. F. Stoner, dkk. (1996), mendefinisikan manajemen sebagai proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi serta meng- gunakan semua sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • b. Paul Hersey dan Kenneth Blanchard, mendefinisikan manajemen sebagai suatu usaha yang dilakukan dengan dan bersama individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.
  • c. Siswanto (2005), memberi batasan manajemen sebagai seni dan ilmu  dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang serta mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.

Berdasarkan beberapa definisi yang  telah  dikemukakan oleh para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen adalah suatu keahlian atau teknik untuk merencanakan, mengor- ganisasikan, mengarahkan, dan mengawasi penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan.
Efektif, artinya harus melaksanakan sesuatu dengan tepat (doing the right thing) atau menyelesaikan aktivitasnya untuk mencapai tujuan dari manajemen organisasi itu sendiri.
Efisien,  artinya melakukan sesuatu dengan tepat atau (doing thinright) atau memfokuskan pekerjaannya pada upaya untuk meminimalisasikan biaya  sumber daya yang digunakan dengan penuh tanggung jawab.
Manajemen diperlukan  oleh setiap organisasi, tujuan antara lain:
  • a. menjaga keseimbangan kepentingan-kepentingan yang saling bersinggungan dalam perusahaan;
  • b. mencapai efisiensi dan efektivitas organisasi.

Dari beberapa pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan seni dan ilmu.
a.    Manajemen sebagai Seni
Manajemen sebagai seni diartikan sebagai keahlian, kemahiran, kemampuan, serta keterampilan dalam menerapkan prinsip, metode, dan teknik dalam menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien.  Jadi, manajemen sebagai seni secara tidak langsung menunjukkan bahwa manajemen sangat bergantung pada keahlian dan sikap atau pelaksana di dalam mencapai tujuan organisasi.

b.    Manajemen sebagai Ilmu
Manajemen dikatakan sebagai ilmu karena manajemen dapat dipelajari dan tersusun atas bagian-bagian yang sistematis dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Jadi, manajemen sebagai ilmu merupakan akumulasi pengetahuan yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi.

Baca Juga :   3 Pengertian Kepemimpinan dan 8 Tipe Pemimpin

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment