Definisi Manajemen Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang mengemukakan tentang definisi manajemen di antaranya : 
a Menurut James S.F. Stoner, manajemen diartikan sebagai proses perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

b Menurut Henry Fayol, dalam bukunya General Industrial Management, manajemen adalah proses tertentu yang terdiri dari kegiatan merencanakan, mengorganisasi-kan, menggerakkan sumber daya manusia dan mengadakan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan. 
c Menurut Oey Liang Lee, manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengawasan tenaga manusia dengan bantuan alat lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
d Menurut Thomas H. Nelson, manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.
e Menurut Drs. Manullang, manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan (pengontrolan) sumber daya manusia dan sumber daya alam (terutama sumber daya manusia) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu.
Dari beberapa definisi tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan para anggota organisasi dan penggunaan semua sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan lebih dahulu.
Dengan demikian manajemen mempunyai beberapa pokok pikiran penting, yaitu:
  • a. berusaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya,
  • b. merupakan kerja sama sekelompok orang,
  • c. merupakan keterkaitan antara ilmu pengetahuan dan seni,
  • d. dilakukan secara sistematis, terpadu, terkontrol dan konsisten serta,
  • e. adanya pembagian kerja secara jelas dan tegas.