Home EkonomiAkutansi dan Sistem Informasi Definisi Akuntansi dari 2 Sudut Pandang

Definisi Akuntansi dari 2 Sudut Pandang

by Ekonomi
0 comment
Akuntansi sering disebut sebagai “Bahasa Bisnis” atau “Bahasa Pengambilan Keputusan”, karena semakin kita dapat memahami dan menguasai ilmu akuntansi, maka akan semakin baik pula dalam menangani dunia usaha terutama aspek keuangan perusahaan.
Definisi akuntansi dapat dirumuskan dari dua sudut pandang, yaitu sudut pemakai dan proses kegiatannya.

1. Definisi dari Sudut Pemakai

Akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu disiplin yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi. Adapun manfaat informasi akuntansi antara lain untuk:
  • a.   membuat perencanaan yang efektif, pengawasan, dan pengambilan keputusan oleh manajemen, dan
  • b . pertanggungjawaban organisasi kepada para investor, kreditur, pemerintah, dan sebagainya.

2. Definisi dari Sudut Proses Kegiatan

Ditinjau dari sudut kegiatannya, akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi. Pada dasarnya akuntansi meliputi kegiatan berikut ini.
  • a.   Mengidentifikasi data yang berkaitan dengan pengambilan keputusan, baik data yang berasal dari intern perusahaan maupun data yang berasal dari ekstern perusahaan.
  • b . Memproses atau menganalisis data yang relevan.
  • c.   Mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan    keputusan,    misalnya    untuk pengembangan usaha atau perluasan usaha, penambahan investasi, dan sebagainya.
Baca Juga :   8 Etika Dalam Profesi Akuntan yang Wajib Dimiliki

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment