BENTUK PERMUKAAN BUMI PADA PETA

Fenomena atau kenampakan di permukaan bumi ini sangat beraneka ragam. Bentuk permukaan bumi tersebut selalu berubah. Apa yang kita saksikan sekarang belum tentu sama sama dengan masa lalu dan masa yang akan datang. Perubahan-perubahan tersebut, di sebabkan oleh tenaga yang ada di dalam bumi. Artinya bahwa bumi yang kita tempati ini tidak diam tapi terus menerus bergerak melakukan aktivitas.

Bentukan-bentukan alam yang di hasilkan dari aktivitas bumi itu sangat bervariasi, ada sungai, pantai, lembah, bukit, gunung, danau, dan rawa. Semua bentukan yang ada di permukaan bumi itu dapat kalian lihat pada sebuah peta.
Peta sangat berguna untuk memvisualkan permukaan bumi yang luas. Pada sebuah peta, kalian akan mengetahui keadaan, gejala, maupun peristiwa yang dapat di lihat dengan menggunakan simbol atau lambang. Namun, karena keterbatasan, semua bentukan yang ada di permukaan bumi ini tidak akan tergambarkan. Pada peta tematik (khusus) informasi yang tergambar mungkin relatif terbatas, berbeda dengan peta topografi (peta umum) yang lebih banyak menampilkan berbagai informasi tentang kenampakan di muka bumi.
Simbol-simbol atau tanda yang mewakili gambaran permukaan bumi di peta itu berbeda-beda. Simbol-simbol tersebut ada yang berupa titik, garis area, bahkan warna.
Apabila kalian melihat sebuah peta berwarna, maka warna-warna dalam peta tersebut menunjukkan kenampakan khusus di permukaan bumi. Warna biru pada peta menggambarkan bentang air seperti samudera, laut, sungai, dan danau. Warna merah pada peta menggambarkan jalan dan ibu kota. Hijau sampai cokelat menggambarkan daratan, warna hijau menggambarkan dataran rendah, warna kuning menggambarkan dataran tinggi, dan warna cokelat menggambarkan pegunungan. Adapun warna hijau pada peta biasanya menggambarkan batas administratif.
Selain fenomena alam, fenomena sosial pun dapatdi gambarkan dalam peta melalui simbol-simbol. Misalnya jalan raya pada peta, jalan raya itu pada umumnya menggunakan simbol garis.
Agar lebih mempermudah dalam mengamati bentukan-bentukan permukaan bumi dalam peta, ada tiga langkah yang harus kalian perhatikan, yaitu sebagai berikut :
1. Deteksi, pengamatan atas adanya suatu objek dan membedakan antara objek yang satu dengan objek yang lainnya.
2. Identifikasi, upaya memberi ciri terhadap objek yang telah di deteksi dengan menggunakan keterangan seperti letak, bentuk, dan penyebarannya.
3. Interpretasi, tahap pengumpulan keterangan yang berkenaan dengan objek yang sedang diamati.
]]>