Home GeografiLithosfer Bentuk Muka Bumi Akibat Vulkanisme

Bentuk Muka Bumi Akibat Vulkanisme

by geografi
0 comment

Vulkanisme merupakan proses keluarnya magma ke permukaan. Magma naik ke permukaan melalui saluran pipa sentral yang disebut saluran kepundan atau diaterma.
Magma yang sudah keluar di permukaan bumi disebut lava. Lava terbentuk di permukaan bumi terdiri atas berbagai jenis. Perbedaan jenis lava ini ditentukan oleh komposisi kimia pembentuknya, kandungan gas dan temperatur lava. Semakin tinggi kandungan silika dan semakin rendah temperaturnya, lava akan semakin kental. Akibatnya, aliran lava akan lebih lambat. Semakin tinggi kandungan gasnya, maka semburan lava akan semakin hebat pula. Secara umum dikenal tiga jenis lava, yaitu lava basaltik, rhyolit, dan andesit.
Letusan gunung api merupakan bukti adanya energi yang tersimpan di dalam bumi. Magma keluar untuk mengurangi tekanan yang bertambah di dalam ruangan magma dan saluran-salurannya. Semakin besar tekanan di bawah saluran, semakin besar letusan yang akan terjadi.
Proses vulkanisme menghasilkan berbagai bentukan di muka bumi. Bentukan-bentukan yang terjadi akibat proses vulkanisme antara lain kawah dan kaldera.
Kawah (Crater) merupakan lubang berbentuk mangkuk, yang terdapat di hampir semua puncak gunung berapi.
Kaldera merupakan bentukan hasil letusan gunung berapi yang berbentuk seperti kawah, tetapi berukuran jauh lebih besar. Pada kaldera dapat terbentuk danau, mata ir, panas, emisi gas, dan gunung api corong kecil. Proses vulkanisme juga menghasilkan berbagai bentuk gunung api.
]]>

Baca Juga :   10 Sistem Klasifikasi Tanah Menurut Taksonomi Tanah 1970

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment