BATUAN PEMBENTUK PERMUKAAN BUMI

1 . Batuan Beku (klik untuk lebih lanjut)
Batuan beku (igneous rock )adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku . Secara umum batuan beku mempunyai ciri – ciri homogen yang kompak , tidal ada pelapisan dan umumnya tidal mengandung fosil .
2 . Batuan Sedimen (klik untuk lebih lanjut)
Batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk karena danya proses pengendapan (sedimentasi ) . Butir – butir batuan sediment bersal dari berbagai macam batuan melalui proses pelapukan , baik pelapukan oleh angi atau air . Butir – butiran hasil pelapukan atau pengikisan tersebut mengendap secara berlapis yang makin lama makin tebal fan padat . Padatnya lapisan itu di sebabkan adanya tekanan atau beban yang terlalu berat . Tekanan tang terlalu lama memebentuk agregat batuan yang padat . Karena pemadatan dan sedimentasi itulah endapan berangsur – angsur berubah menjadi batuan sediment .
3 . Batuan Metamorf ( Malihan ) (klik untuk lebih lanjut)
Batuan Metamor adalah batuan yang telah mengalami perubahan baik fisik maupun secara kimiawi sehinnga menjadi berbeda dari batuan induknya . Faktor – faktor yang mempengaruhi proses perubahan batuan adalah suhu yang tinngi , tekanan yang kuat ,dan waktu yang lama .
]]>