9 Jenis Jasa Perbankan dan Penjelasan

Usaha pokok bank adalah mengumpulkan dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat. Untuk menunjang usaha pokok tersebut, maka bank memberikan jasa atau pelayanan kepada masyarakat yang antara lain sebagai berikut:

1.   Jasa Transfer

Adalah jasa pengiriman uang antar daerah atau bahkan antar negara yang dilaksanakan oleh suatu bank atas permintaan nasabah baik dalam bentuk rupiah maupun valuta asing yang ditujukan kepada pihak lain (perorangan lembaga atau perusahaan).
Manfaat dari transfer antara lain:
  • a. Membantu kelancaran transaksi perdagangan, baik di dalam maupun luar negeri.
  • b. Membantu kelancaran pembayaran biaya pendidikan dan lain-lain. 
  • c. Memperkecil risiko yang ditimbulkan dari membawa uang.

2.   Jasa Diskonto

Adalah jasa yang dilakukan oleh bank dengan cara bank menjamin surat- surat berharga yang diperjualbelikan oleh masyarakat.

3.    Jasa Inkaso

Adalah bentuk jasa dari perbankan yang berupa usaha penagihan wesel atau surat utang atas nama nasabahnya dari pihak lain. Manfaat dari adanya inkaso, adalah sebagai berikut:
  • a. Nasabah tidak perlu menagih sendiri jika tempatnya berjauhan, cukup menyerahkan surat tagihan tersebut pada bank.
  • b. Nasabah dapat menghemat tenaga dan biaya serta kemampuan terjamin

4.    Jasa Garansi Bank

Bank menjamin nasabahnya dalam melakukan suatu perjanjian atau suatu transaksi. Jika nasabahnya tidak memenuhi kewajiban sesuai dengan perjanjian maka bank akan membayar kerugian yang terjadi

5.   Jasa Penyewaan Tempat Penyimpanan Barang atau Surat Berharga

Jasa perbankan ini dilakukan dengan cara menyewakan kepada nasabah tempat penyimpanan barang-barang berharga dalam sebuah box (safe deposit box) dengan ukuran tertentu dan nasabah sendiri yang menyimpan kuncinya dan pihak bank tidak boleh mengetahui wujud dari barang yang disimpan. Misalnya: surat-surat berharga, mata uang, emas, sertifikat atau dokumen-dokumen lainnya.

6.    Jasa Kartu Kredit

Kartu kredit adalah alat pembayaran pengganti uang tunai atau cek. Dewasa ini hampir setiap bank menyediakan bentuk jasa ini, dan tentunya hanya bank-bank yang memiliki kriteria sehat yang boleh menerbitkan kartu kredit setelah mendapat persetujuan Bank Indonesia. Kartu kredit ini digunakan untuk transaksi- transaksi pembelian di sejumlah tempat, seperti toko, hotel, tempat hiburan, dan lain-lain.
Salah satu keuntungan dari penggunaan kartu kredit selain memberikan rasa aman daripada memegang uang tunai, juga akan memberikan jaminan dari risiko kemacetan pembayaran karena keberadaanya dijamin oleh bank.

7.   Jasa Cek Perjalanan (Traveler s Cheque)

Bentuk jasa yang dikeluarkan oleh bank dengan cara menyediakan cek perjalanan kepada para nasabahnya untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi selama dalam perjalanan.

8.   Jasa Valuta Asing

Bentuk usaha ini terkenal dengan nama Money Changer, yaitu bank melaksanakan kegiatan tukar-menukar mata uang asing menjadi mata uang rupiah atau sebaliknya atau pertukaran antarmata uang asing lainnya.

9.   Jasa Penyediaan ATM

Sebagai tindak lanjut dari jasa penerbitan kartu kredit, maka bank juga menyediakan layanan ATM (Automatic Teller Machine) atau istilahnya adalah Anjungan Tunai Mandiri. Maksud dari ATM ini adalah untuk memudahkan nasabah mengambil uang tunai tanpa harus datang dan antri di bank yang bersangkutan. Dilihat dari kepentingannya, maka biasanya ATM banyak dijumpai di tempat- tempat yang dekat dengan aktivitas perekonomian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *