8 Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional bisa dilakukan oleh individu, perusahaan, atau negara. Namun untuk penyederhanaan, siapa pun yang melakukan kegiatan tersebut dalam bab ini akan diungkapkan dengan menggunakan negara di mana ia berdomisili. Apabila ayah kalian memiliki perusahaan yang mengekspor barang kerajinan tradisional ke Inggris misalnya, maka agar sederhana akan kita sebut saja Indonesia mengekspor barang kerajinan tradisional ke Inggris.
Seperti yang tadi sudah kita singgung, perdagangan internasional akan memberikan keuntungan bagi pelaku- pelakunya. Namun lebih dari itu secara makro manfaat perdagangan internasional juga tidak sedikit. 
Manfaat-manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

aSetiap negara yang berdagang dapat menikmati semua barang yang dibutuhkan

Meskipun Indonesia tidak memproduksi karpet sendiri, namun karena ada perdagangan internasional Indonesia bisa membelinya dari Persia.

bMemungkinkan terjadinya spesialisasi

Indonesia tidak perlu memproduksi sendiri karpet seperti yang diproduksi Persia sebab kalau Indonesia tetap memproduksi sendiri, biaya produksinya justru lebih mahal daripada kalau membeli. Oleh karena itu biarkan Persia berspesialisasi memproduksi karpet dan Indonesia berspesialisasi memproduksi barang lain yang biaya produksinya murah, misalnya minyak kelapa sawit.

c.   Meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi

Dengan berkonsentrasi/berspesialisasi memproduksi barang-barang yang biaya produksinya murah, faktor produksi yang dimiliki bisa dialihkan untuk memproduksi barang tersebut sehingga produktivitas input akan meningkat dan proses produksi dapat lebih efisien.

dMendorong munculnya teknologi baru dalam proses produksi

Spesialisasi akan membuat produsen terus berusaha melakukan penelitian dan pengembangan teknologi baru agar biaya produksi semakin murah.

eMemperluas daerah pemasaran

Adanya perdagangan internasional menyebabkan pasar yang bisa dijangkau produsen semakin luas, karena tidak hanya pasar dalam negeri saja tetapi juga pasar luar negeri.

f.   Mempercepat pertumbuhan ekonomi

Spesialisasi produksi, penemuan teknologi baru, dan pasar yang semakin luas karena adanya perdagangan internasional membuat roda perekonomian berputar lebih cepat, sehingga pertumbuhan ekonomi juga akan lebih cepat.

gMemperluas lapangan kerja

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi akan menyebabkan sebuah negara mampu membuka lapangan kerja yang lebih luas.

hMemperoleh tambahan devisa bagi negara yang neraca perdagangannya surplus

Kegiatan perdagangan internasional menggunakan alat pembayaran yang disebut devisa. Negara yang nilai ekspornya lebih besar dibandingkan nilai impornya akan memperoleh tambahan devisa dari kegiatan perdagangan internasional.