8 Faktor Keberhasilan Wirausaha dan 9 Karakteristiknya Menurut Para Ahli

Untuk dapat berhasil dalam berwirausaha, seorang wirausaha harus berpikir secara positif dan kreatif, di antaranya:

  • 1) Percaya dan yakin bahwa usaha atau bisnisnya dapat dilaksanakan
  • 2) Menerima gagasan-gagasan baru di dalam dunia usaha atau bisnis
  • 3) Instrospeksi diri
  • 4) Mendengarkan saran-saran orang lain
  • 5) Bersemangat dan bergaul

Adapun faktor-faktor pendukung keberhasilan wirausaha adalah :

1) Faktor manusia

Faktor manusia merupakan faktor utama dalam mencapai keberhasilan sebab tanpa ada yang menjalankan maka peralatan yang canggih sekalipun tidak akan berguna. Tetapi bukan berarti jika ada manusia yang menjalankan maka segala sesuatu akan beres. Bayangkan saja jika manusia tersebut malas, bodoh dan tidak memiliki kemampuan apa-apa.

2) Faktor keuangan

Faktor keuangan merupakan faktor penunjang dan pendukung keberhasilan dalam berwirausaha. Faktor keuangan juga penting sebab tanpa adanya uang, usaha tidak akan mampu berjalan. Sesuatu yang penting dan diperhatikan dalam masalah keuangan bukan dalam hal besarnya dana yang dimiliki, tetapi terletak pada kemampuan mengelola keuangan yang ada. Dana yang besar tanpa pengelolaan yang tepat akan mengakibatkan pemborosan. Sebaliknya dana yang tersedia di tangan pengelola yang handal diterapkan sikap disiplin dan hati-hati dalam mengelolanya. Keuangan perusahaan merupakan salah satu fungsi manajemen di samping produksi, pemasaran dan personalia. Kunci utama dalam mengelola keuangan adalah administrasi yang rapi, teliti dan tepat.

3) Faktor organisasi

Dengan adanya organisasi maka sumber daya masuk ke dalam suatu pola, sehingga orang-orang yang bekerja di dalam perusahaan dapat bekerja secara berdaya guna dan berhasil guna untuk mencapai suatu tujuan. Organisasi merupakan wadah kegiatan yang ada dan perlu ada, agar tujuan usaha dapat tercapai sesuai dengan harapan. Fungsi organisasi dalam usaha adalah untuk menetapkan kegiatan yang harus dilaksanakan serta mengelompokkan kegiatan dalam berwirausaha. Sasaran faktor organisasi adalah untuk men-dapatkan bentuk kerja sama yang berguna bagi perusahaan.

4) Faktor perencanaan

Perencanaan usaha berfungsi menentukan dan merumuskan tujuan usaha yang diharapkan. Dengan perencanaan yang matang maka kegiatan usaha yang dilaksanakan dapat terkendali, terukur berhasil tidaknya dan terhindar dari kesalahan. Apabila suatu usaha dilakukan tanpa adanya perencanaan maka usaha tersebut dapat gagal.

5) Faktor pengelolaan usaha

Pengelolaan usaha yang baik, akan membantu tercapainya keberhasilan bidang usaha. Pengelolaan usaha akan mencakup banyak hal di antaranya masalah penggunaan dana perusahaan. Pengelolaan usaha yang baik selalu berhubungan dengan pelaksanaan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengendaliannya.

6) Faktor pemasaran

Pemasaran dapat menentukan mati hidupnya perusahaan, akan tetapi kegiatan yang lainnya tidak boleh diabaikan. Pentingnya pemasaran bagi perusahaan adalah dapat menentukan mengalirnya barang-barang dan jasa ke tangan konsumen secara tepat dan cepat.

7) Faktor administrasi

Faktor administrasi juga merupakan faktor penunjang tercapainya keberhasilan usaha. Dengan administrasi yang rapi memungkinkan tersimpannya segala catatan atau dokumen penting yang berguna.

8) Faktor fasilitas pemerintah

Keberhasilan usaha banyak didukung oleh fasilitas yang diberikan kepada wirausahawan. Fasilitas-fasilitas itu bisa berupa kemudahan dalam mengurus perijinan usaha, pengajuan tambahan modal dan sebagainya.

Seorang wirausahawan akan berhasil berwirausaha jika mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  1. percaya pada diri sendiri,
  2. mampu memecahkan masalah,
  3. memiliki prestasi tinggi,
  4. berani mengambil resiko,
  5. mampu mengendalikan emosi,
  6. memiliki tingkat energi yang tinggi,
  7. memiliki kreativitas tinggi,
  8. memiliki keberanian untuk berinisiatif, dan

Menurut Dan Steinhoff dan John. F. Burgess beberapa karakteristik yang diperlukan untuk menjadi wirausaha yang berhasil meliputi:

  1. Memiliki visi dan tujuan usaha yang jelas
  2. Bersedia menanggung resiko waktu dan uang
  3. Berencana, mengorganisir
  4. Kerja keras sesuai dengan tingkat urgensinya
  5. Mengembangkan hubungan dengan pelanggan, pemasok, pekerja dan yang lainnya
  6. Bertanggung jawab terhadap keberhasilan dan kegagalan.

Menurut M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer beberapa karakteristik wirausahawan yang berhasil, di antaranya memiliki ciri-ciri:

  1. Proaktif, yaitu berinisiatif dan tegas (assertiveness)
  2. Berorientasi pada prestasi, yang tercermin dalam pandangan dan bertindak (“sees and acts”) terhadap peluang, orientasi efisiensi, mengutamakan kualitas pekerjaan, berencana dan mengutamakan monitoring
  3. Komitmen kepada orang lain, misalnya dalam mengadakan kontrak hubungan bisnis.