Home EkonomiPertumbuhan dan Pembangunan Nasional 7 Masalah dan Hambatan Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang

7 Masalah dan Hambatan Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang

by Ekonomi
0 comment
Pembangunan berarti suatu proses pengurangan atau penghapusan kemiskinan, kepincangan distribusi pendapatan, dan pengangguran dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Proses pembangunan ekonomi tersebut berbeda antara negara maju dengan negara berkembang, karena pada negara maju sudah menunjukkan adanya pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta kemajuan di berbagai bidang, sedangkan negara yang sedang berkembang belum dapat mencapai hal itu.
Masalah dan hambatan pembangunan ekonomi di negara berkembang adalah sebagai berikut.

a.   Laju Pertambahan Penduduk yang Tinggi

Terdapat dua ciri penting yang berdampak buruk pada usaha pembangunan, yaitu:
  • 1) Jumlah penduduk negara yang relatif besar
  • 2) Tingkat perkembangan penduduk yang sangat pesat 

b . Taraf Hidup yang Rendah

Taraf hidup dapat dinilai, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hal ini tampak dari pendapatan yang rendah, perumahan yang kurang memenuhi syarat, kesehatan yang buruk, pendidikan yang rendah, angka kematian yang tinggi, dan sebagainya.

c.   Pertanian Tradisional

Kekurangan modal, pengetahuan, infrastruktur pertanian, dan aplikasi teknologi modern dalam kegiatan pertanian menyebabkan sektor ini mempunyai produktivitas rendah dan mengakibatkan pendapatan para petani berada pada tingkat subsisten (hidupnya secara pas-pasan).

d. Produktivitas yang Rendah

Produktivitas yang rendah berarti kemampuan berproduksi para tenaga kerja di berbagai pekerjaan sangat rendah.

e.   Kekurangan Modal dan Tenaga Ahli

Pada umumnya, di negara berkembang masih memerlukan modal dan investasi untuk meningkatkan kegiatan ekonomi dan kekurangan tenaga ahli di segala bidang membuat pembangunan ekonomi kurang berjalan dengan lancar.

f.   Penciptaan Kesempatan Kerja dan Pengangguran

Semakin besar pertambahan penduduk suatu negara, semakin besar pula jumlah tenaga kerja baru yang akan memasuki angkatan kerja, sehingga memengaruhi kesempatan kerja dan pengangguran.

g. Ketergantungan pada Sektor Pertanian

Umumnya di negara berkembang masih menggantungkan pada sektor pertanian dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, sehingga akan dapat menghambat laju pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Baca Juga :   10 Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment