6 Kelebihan Program Aplikasi Sistem Akuntansi Berbasis Komputer

Untuk memudahkan dan mempercepat proses pengolahan data akuntansi dapat dilakukan dengan menggunakan komputer. Hal ini terjadi karena kemampuan komputer untuk mengolah data yang jauh melebihi kecepatan manusia. Dengan adanya perkembangan teknologi komputer yang semakin maju, semakin banyak perusahaan (jasa dan dagang) yang menggunakan jasa-jasa komputer untuk memproses data akuntansinya.
Terdapat beberapa kelebihan yang dapat diperoleh dari sistem akuntansi yang berbasis komputer, antara lain:
  • a.    Apabila dilihat dari segi kecepatan, sistem komputer dapat menghasilkan informasi jauh lebih cepat daripada manual dalam tenggang waktu yang bersamaan.
  • b.    Dilihat dari volume hasil, volume transaksi yang diolah jauh lebih banyak. 
  • c.    Dari segi pencegahan kekeliruan, pengolahan data dengan komputer akan mencegah terjadinya kekeliruan di mana hal ini dibuktikan dengan menolak transaksi jika salah prosedur.
  • d. Dari segi posting otomatis, proses pemindahbukuan akan dilaksanakan menurut proses pengolahan data secara otomatis berdasarkan teknologi yang digunakan.
  • e.    Dari segi penyusunan laporan, komputer dapat dengan cepat melakukan penyusunan laporan keuangan yang diharapkan.
  • f.    Dari segi pencetakan dokumen, pekerjaan komputer dalam menghasilkan informasi menurut prosedur pemograman secara sistematis sehingga menjadi laporan yang diinginkan.

Dalam proses pengolahan data dengan komputer, siklus pengolahan data dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu masukan (input), pengolahan (process), dan keluaran (output).
Program pengolah data utama yang digunakan oleh perusahaan adalah program aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk mengelola kegiatan transaksi. Program aplikasi akuntansi yang dapat digunakan untuk pencatatan transaksi keuangan adalah Microsoft Excel dan MYOB Account- ing.