Home EkonomiManajemen Badan Usaha 6 Karakteristik Informasi yang Berguna

6 Karakteristik Informasi yang Berguna

by Ekonomi
0 comment

Informasi berguna sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan memiliki beberapa ciri yaitu sebagai berikut.

  1. Relevan, artinya informasi tersebut relevan jika dapat mengurangi ketidakpastian, memperbaiki kemampuan pengambil keputusan untuk membuat prediksi, mengonfirmasikan atau memperbaiki ekspektasi/harapan sebelumnya.
  2. Andal, artinya informasi tersebut andal jika bebas dari kesalahan atau penyimpangan dan secara akurat dapat mewakili kejadian atau aktivitas suatu organisasi atau perusahaan.
  3. Lengkap, artinya informasi tersebut dikatakan lengkap jika tidak menghilangkan aspek-aspek penting dari kejadian yang merupakan dasar masalah atau aktivitas-aktivitas yang diukurnya.
  4. Tepat waktu, artinya informasi tersebut disampaikan pada saat yang tepat untuk memungkinkan bahwa pengambil keputusan dapat menggunakannya dalam membuat keputusan.
  5. Dapat dipahami artinya informasi dapat dipahami jika disajikan dalam bentuk yang digunakan dan jelas (tidak menimbulkan penafsiran lain).
  6. Dapat diverifikasi, artinya informasi dapat diverifikasi jika ada dua orang dengan pengetahuan yang baik, bekerja secara independen    dan    masing-masing    akan menghasilkan informasi yang sama.
Baca Juga :   5 Bidang Manajemen dan Penjelasannya Secara Lengkap

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment