Home EkonomiPerdagangan Internasional 6 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

6 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

by Ekonomi
0 comment
Saat ini bisa dikatakan semua negara-negara di dunia terlibat dalam perdagangan internasional. Ada banyak faktor yang mendorong negara-negara di dunia melakukan perdagangan internasional. Faktor tersebut antara lain adalah:

aPerbedaan barang dan jasa yang diproduksi

Karena berbagai keterbatasan yang dimiliki, sebuah negara tidak mungkin memproduksi sendiri semua barang dan jasa yang dibutuhkan warga negaranya. Hal inilah yang menyebabkan ada perbedaan barang dan jasa yang diproduksi. Iklim yang kurang cocok menyebabkan Indonesia tidak menanam sendiri tanaman gandum. Karena itulah untuk memenuhi kebutuhan gandum bagi industri tepung terigu, Indonesia membelinya dari negara lain.

bPerbedaan faktor produksi yang dimiliki

Perbedaan faktor produksi mengakibatkan setiap negara menghasilkan produk yang berbeda. Hal ini mendorong terjadinya perdagangan di antara negara yang memiliki produk berbeda. Indonesia memiliki hutan yang cukup luas untuk menghasilkan kayu untuk memproduksi kayu lapis, tetapi tidak memiliki teknologi yang memadai untuk membuat mesin mobil. Hal sebaliknya terjadi di Jepang. Dengan demikian Indonesia menjual kayu lapis ke Jepang dan Jepang menjual mobil ke Indonesia.

c.   Perbedaan selera konsumen

Selera konsumen akan memengaruhi   jenis barang dan jasa yang akan diekspor atau diimpor suatu negara. Meningkatnya selera konsumen luar negeri akan barang-barang yang bernuansa alam seperti peralatan rumah tangga yang bahannya diambil langsung dari alam, membuat produk-produk seperti karpet dari mendong, alas makan dari pelepah pisang atau mangkuk dari tempurung kelapa buatan Indonesia diekspor ke luar negeri.

dPerbedaan harga barang yang diproduksi

Perbedaan harga barang antarnegara   terjadi karena adanya perbedaan biaya produksi untuk menghasilkan barang tersebut. Perbedaan biaya produksi disebabkan karena adanya perbedaan kemampuan negara dalam mengolah sumber daya ekonomi yang dimiliki. Kondisi demikian akan menyebabkan suatu negara memilih untuk mengimpor saja barang yang biaya produksinya di dalam negeri lebih mahal sehingga harganya pun lebih mahal.

eKeinginan membuka kerja sama dengan negara lain

Keinginan untuk membuka kerja sama dengan negara lain akan mendorong terjadinya perdagangan internasional yang pada gilirannya akan menyebabkan kerja sama antarnegara di bidang lain juga semakin erat.

f.   Era globalisasi

Era globalisasi yang salah satunya berwujud perdagangan bebas dunia yang akan segera datang mau tidak mau harus dihadapi oleh setiap negara di dunia.
Baca Juga :   6 Cara Pembayaran Internasional

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment