Home EkonomiPerdagangan Internasional 5 Sumber Perolehan Devisa

5 Sumber Perolehan Devisa

by Ekonomi
0 comment
Perdagangan internasional dan berbagai kegiatan yang berskala internasional memerlukan alat pembayaran luar negeri atau devisa. Dengan demikian apabila suatu negara memiliki devisa yang banyak, maka akan semakin mudah negara tersebut melakukan hubungan internasional terutama perdagangan internasional. Dari manakah sumber perolehan devisa sebuah negara?
Beberapa sumber perolehan devisa negara antara lain sebagai berikut.
  • a.     Hasil penjualan/ekspor barang dan jasa seperti ekspor kayu lapis, karet, kopi, minyak tanah dan lain sebagainya. Demikian pula hasil ekspor jasa seperti jasa pengangkutan, komisi jasa perbankan, premi asuransi dan lain sebagainya.
  • b .    Pinjaman yang diperoleh dari negara lain, badan-badan internasional serta swasta asing, seperti pinjaman dari CGI, kredit dari world bank, ADB atau kredit dari swasta asing.
  • c.     Hadiah atau grant dan bantuan dari badan-badan PBB seperti United Nations Development Program (UNDP), United Nations Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dan pemerintah asing.
  • d.    Laba dari penanaman modal ke luar negeri, seperti laba yang ditransfer dari perusahaan milik pemerintah dan warga negara yang berdomisili di luar negeri, termasuk transfer dari warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri seperti di Singapura, Timur Tengah dan lain sebagainya.
  • e.     Hasil dari kegiatan pariwisata internasional, seperti uang sewa angkutan, sewa hotel, penjualan souvenir khas tradisional, uang jasa pramuwisata dan lain sebagainya.

Masing-masing negara yang terlibat kegiatan ekonomi internasional hanya akan bisa memperoleh devisa bila dapat memenangkan persaingan yang ketat dan dahsyat dalam perdagangan internasional, dalam arti kata komoditi yang ditawarkan haruslah merupakan komoditi unggul, berdaya saing tinggi, dan sesuai dengan selera konsumen.
Baca Juga :   4 Pengaruh Neraca Pembayaran terhadap Perekonomian Negara

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment