Home EkonomiPertumbuhan dan Pembangunan Nasional 5 Konsep Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

5 Konsep Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

by Ekonomi
0 comment
Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa pertum- buhan ekonomi sebagai kenaikan GDP tanpa melihat bagaimana pertumbuhan jumlah penduduknya dan bagaimana perubahan struktur ekonominya. Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu masyarakat adalah:
  • a.     Kekayaan modal.
  • b .    Ketersediaan tenaga kerja.
  • c.     Kekayaan sumber daya alam. 
  • d.    Kemajuan teknologi.
  • e.     Sikap masyarakat.

aKekayaan Modal

Akumulasi modal akan terjadi jika ada penyisihan pendapatan yang ditabung yang kemudian diinvestasikan untuk memperbesar output pada masa yang akan datang.
Besarnya modal, seperti pabrik, mesin-mesin, peralatan, dan barang-barang baru dapat meningkatkan output atau pendapatan nasional. Semua bentuk investasi dapat menciptakan lapangan kerja baru sehingga dapat menyerap tenaga kerja, dan akhirnya pendapatan nasional naik.

bKetersediaan Tenaga Kerja

Pertumbuhan penduduk dapat meningkatkan jumlah angkatan kerja (labor force). Angkatan kerja tersebut berpotensi menjadi tenaga kerja yang handal dalam mengisi pembangunan. Selain itu, naiknya jumlah penduduk dapat merangsang pertumbuhan ekonomi, karena banyaknya penduduk merupakan potensi pasar domestik.

c.   Kekayaan Sumber Daya Alam

Untuk meningkatkan produksi nasional diperlukan sumber daya alam. Kekayaan di darat, di dalam perut bumi, dan di laut merupakan potensi yang jika dimanfaatkan mendatangkan pendapatan yang cukup besar. Indonesia bisa mengekspor minyak mentah karena mempunyai tambang minyak. Bahkan, Indonesia bisa mengembangkan ekspor non migas juga karena kekayaan alam yang melimpah. Apabila Indonesia tidak mempunyai sumber alam tadi, tentu bukannya sebagai pengekspor, tetapi justru menjadi negara pengimpor.

dKemajuan Teknologi

Kemajuan teknologi merupakan faktor yang paling penting bagi pertumbuhan ekonomi. Bagaimana negara kita dapat mengebor minyak di lepas pantai? Yah, karena negara kita belum bisa memproduksi alat tersebut maka terpaksa melakukan kontrak karya mendatangkan mesin dan melakukan bagi hasil. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya teknologi untuk mengeksploitasi potensi alam.
Jepang dapat memperoleh pendapatan nasional lebih tinggi daripada Indonesia karena unggul teknologinya. Andaikata Indonesia mempunyai teknologi yang secanggih Jepang, pastilah Indonesia menjadi negara terkaya di dunia.

eSikap Masyarakat

Pembangunan tidak akan berhasil tanpa ada partisipasi dari masyarakat. Penggunaan teknologi pertanian, pemanfaatan produk-produk industri baru, dan peralihan pola kerja masyarakat menuju produktivitas tinggi hanya akan berlangsung jika masyarakat mau menerima modernisasi.
Baca Juga :   Pengertian Pembangunan Ekonomi dan 3 Elemen Pembangunan Ekonomi

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment