5 Bidang Manajemen Beserta Penjelasannya

AManajemen Produksi
Manajemen produksi merupakan kegiatan untuk mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan sumber daya (sumber daya alat, sumber daya manusia, sumber daya dana) secara efisien dan efektif untuk menambah kegunaan suatu barang dan jasa. Kegiatan manajemen produksi adalah sebagai berikut.
1Perencanaan Sistem Produksi
Perencanaan sistem produksi, antara lain meliputi perencanaan lokasi pabrik, infrastruktur pabrik, sarana dan fasilitas produksi, lingkungan kerja, penentuan jenis barang yang diproduksi, jumlah barang yang akan diproduksi, desain produksi, bahan baku yang dibutuhkan, dan cara pengolahan.
2Pengendalian Produksi
Pengendalian produksi merupakan rangkaian prosedur yang diarahkan pada semua elemen dalam proses produksi, antara lain pengendalian bahan, harga beli bahan baku, proses produksi, standar kualitas produksi, tenaga kerja dan sebagainya sehingga memberikan hasil dengan ongkos terendah dalam waktu tercepat.
3Pengawasan Produksi
Fungsi ini digunakan untuk menjamin terlaksananya kegiatan sesuai dengan yang direncanakan, yaitu memproduksi dengan cara yang terbaik dan biaya serendah- rendahnya, serta tepat waktu.
BManajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran merupakan kegiatan yang mencakup perpindahan barang dan atau jasa dari produsen ke konsumen atau semua   kegiatan yang berhubungan dengan arus barang dan atau jasa dari produsen ke konsumen. Tujuan manajemen pemasaran pada umumnya untuk meningkatkan volume penjualan dari produk yang dihasilkan. 
Kegiatan manajemen pemasaran mencakup sebagai berikut.
  1. Riset pasar, merupakan penelitian yang dilakukan perusahaan untuk mengidentifikasi kehendak dan keinginan dari konsumen, sehingga perusahaan dapat menentukan produk yang dapat memenuhi kebutuhan- nya.
  2. Perencanaan pemasaran, termasuk penentuan target penjualan, penetapan segmen pasar, metode pemasaran, dan memilih maupun menentukan alat pemasaran.
  3. Melakukan analisis terhadap peluang pasar, tantangan, dan ancaman dari pesaing.
  4. Mempromosikan produk, yaitu dengan periklanan promosi melalui media massa, reklame atau billboard, personal selling (promosi secara lisan oleh perusahaan), promosi penjualan (kegiatan pemasaran yang merangsang pembelian produk oleh konsumen) dan publisitas.
  5. Pengelolaan usaha-usaha pemasaran. Merupakan rang- sangan untuk meningkatkan permintaan terhadap suatu produk melalui media publisitas seperti radio, televisi, dan pertunjukan.

C.   Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan adalah serangkaian kegiatan untuk memperoleh dan menggunakan dana untuk berbagai penggunaan bisnis dan berhubungan dengan kombinasi jenis-jenis pembiayaan yang terbaik, dengan tujuan untuk meningkatkan dan memaksimalkan laba perusahaan. 
Aspek- aspek yang termasuk kegiatan manajemen keuangan adalah sebagai berikut.
  1. Merencanakan dan melaksanakan kerja sama dengan pihak terkait dalam mencari dana.
  2. Menentukan keputusan keuangan menyangkut investasi baik sumber maupun penggunaan.
  3. Menentukan kebijakan pembagian dividen dari laba perusahaan.
  4. Mengawasi keuangan dengan membuat laporan perusahaan.

DManajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen sumber daya manusia (SDM) adalah segenap aktivitas yang berkaitan dengan masalah penggunaan tenaga kerja dalam suatu usaha. Kegiatan manajemen SDM terdiri atas:
  1. Pengadaan tenaga kerja (penentuan jumlah dan kualifikasi tenaga kerja, penarikan tenaga kerja dan penempatan tenaga kerja),
  2. Pemanfaatan tenaga kerja secara efisien, dan
  3. Menciptakan, memelihara, dan pengembangan tenaga kerja (pendidikan dan pelatihan, mutasi jabatan, dan promosi jabatan).

EManajemen Akuntansi
Kegiatan manajemen ini adalah mengumpulkan, mencatat, menganalisis, dan melaporkan keuangan perusahaan sebagai bahan pengambilan keputusan. Tahapan dalam manajemen akuntansi adalah:
  1. Pengumpulan data,
  2. Pencatatan data,
  3. Pengelompokan data,
  4. Pelaporan, dan
  5. Penafsiran data.