3 Jenis Pelapukan dan Penjelasannya

 Pelapukan merupakan proses perusakan dan penghancuran masa batuan yang disebabkan oleh pengaruh cuaca, angin dan organisme. Berdasarkan proses terjadinya, pelapukan dibedakan menjadi tiga, yaitu pelapukan mekanik, kimiawi, dan organic.

a.) pelapukan mekanik
pelapukan mekanik adalah proses penghancuran batuan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil tanpa mengubah susunan kimia batuan. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pelapukan mekanik antara lain:
– Perbedaan suhu yang sangat besar antara siang dan malam hari. Pada siang hari suhu di suatu daerah sangat tinggi sehingga batuan mengalami pemuaian, sedangkan pada malam hari suhunya sangat rendah sehingga batuan mengerut. Perubahan suhu itu menyebabkan batuan mudah retak dan akhirnya pecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
– Pembekuan air di dalam celah-celah batuan. Air dalam keadaan cair akan meningkat volumenya jika membeku menjadi kristal-kristal es. Oleh karena itu, air yang membeku di dalam celah-celah batuan tadi dapat menekan batuan sehingga pecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
b.) Pelapukan kimiawi
Pelapukan kimiawi merupakan proses penghancuran massa batuan yang disertai perubahan struktur kimia batuan. Pelapukan ini disebabkan adanya pelarutan. Air hujan yang jatuh mengandung CO2 dan asam amoniak yang sangat besar daya pelarutannya. Selain itu, suhu udara yang tinggi dan curah hujan yang besar dapat mempercepat proses pelapukan kimiawi
Pelapukan kimiawi dapat kita jumpai pada daerah kapur. Curahan air hujan disertai suhu udara yang tinggi mempercepat pelarutan batuan kapur. Bentuk-bentuk hasil pelapukan kimiawi di daerah kapur antara lain dolina, gua atas sungai di bawah tanah, serta stalagmit dan stalagtit.
c.) Pelapukan organik
Pelapukan Organik merupakan proses penghancuran massa batuan yang disebabkan binatang dan tumbuhan. Contohnya adalah proses penghancuran batu oleh akar tanaman yang menenmpel pada batuan.
Di pantai yang terangkat seringkali terdapat garis-garis pantai, yang terdiri atas lubang-lubang yang dibuat oleh binatang-binatang yang hidup pada permukaan air.
]]>