Home EkonomiManajemen Badan Usaha 3 Jenis Badan Usaha di Indonesia

3 Jenis Badan Usaha di Indonesia

by Ekonomi
0 comment

Jenis Badan Usaha – Dalam perekonomian negara kita terdapat beberapa jenis tubuh perjuangan yang biasa kita kenal, antara lain: Badan Usaha Koperasi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). Berikut ini akan kita bahas secara lebih lengkap wacana masiing-masing jenis tubuh usaha yang kita kenal, yaitu sebagai berikut:

 

1.  Badan Usaha Koperasi
Menurut UU No. 25 Tahun 1992, tubuh perjuangan koperasi ialah tubuh perjuangan yang beranggotakan orang perorang atau tubuh aturan koperasi dengan melandaskan kegiatannya menurut prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

 

2.  Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ialah tubuh perjuangan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara pribadi yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan dan jumlah pemegang sahamnya memenuhi kriteria tertentu atau persero yang melaksanakan penawaran umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

 

3.  Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)
Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) ialah tubuh perjuangan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh swasta.

 

a.  Perusahaan Perorangan disingkat Po
Perusahaan jenis ini dimiliki, diawasi oleh seseorang, dan orang tersebut memperoleh semua laba dan menanggung risiko yang terjadi.
b.  Firma disingkat Fa
Firma ialah suatu komplotan anggota firma untuk menjalankan perusahaan atas nama bersama.
c.  Persekutuan komanditer atau Commanditaire Vennotschap disingkat CV Persekutuan komanditer ialah suatu bentuk perjanjian bersama untuk berusaha bersama antara orang-orang yang bersedia memimpin perusahaan dan bertanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadinya dengan orang-orang yang tidak bersedia memimpin perusahaan dan bertanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikutsertakan dalam perusahaan tersebut.
d.  Perseroan Terbatas disingkat PT
Jenis perusahaan ini sering pula dikenal dengan corporation (Co), limited (Ltd), atau Naamloze Vennotscap (NV).

 

Baca Juga :   16 Sektor yang dikelola Badan Usaha Milik Daerah atau Perusahaan Daerah

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment