3 Ciri Manusia Wirausaha

Dalam Lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995 tanggal 30 November 1995 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan, dinyatakan bahwa wirausaha diklasifikasikan menjadi tiga yaitu wirausaha andal, tangguh, dan wirausaha unggul, yang masing-masing mempunyai ciri sendiri-sendiri.

aWirausaha Andal

Wirausaha andal mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Memiliki rasa percaya diri dan sikap mandiri yang tinggi untuk berusaha mencari penghasilan dan keuntungan.
  2. Mau dan mampu mencari dan menangkap peluang usaha yang menguntungkan, serta melakukan apa saja yang perlu untuk memanfaatkannya.
  3. Mau dan mampu bekerja keras dan tekun dalam menghasilkan barang dan jasa, serta mencoba cara kerja yang lebih tepat dan efisien.
  4. Menghadapi hidup dan menangani usaha dengan terencana, jujur, hemat, dan disiplin.
  5. Mau dan mampu berkomunikasi, tawar-menawar dan musyawarah dengan berbagai pihak yang besar pengaruhnya pada kemajuan usaha, terutama para pembeli atau pelanggan.
  6. Mau dan mampu meningkatkan kapasitas diri sendiri dan kapasitas perusahaan dengan memanfaatkan dan memotivasi orang lain, serta melakukan perluasan dan pengembangan usaha dengan risiko yang tidak terlalu besar.
  7. Berusaha mengenal dan mengendalikan lingkungan serta menggalang kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan.
  8. Mencintai kegiatan usaha dan perusahaannya secara lugas dan tangguh, tetapi luwes dalam melindunginya.

bWirausaha Tangguh

Wirausaha tangguh mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Berpikir dan bertindak secara strategis dan adaptif terhadap perubahan yang terjadi dalam upaya mencari peluang keuntungan, termasuk yang mengandung risiko yang agak besar, dan dalam mengatasi berbagai masalah.
  2. Selalu berusaha untuk mendapatkan keuntungan melalui berbagai keunggulan dalam memuaskan pelanggan.
  3. Berusaha mengenal dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan perusahaan (dan pengusahanya) serta meningkatkan kemampuan dengan sistem pengendali- an intern.
  4. Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketangguhan perusahaan terutama dengan pembinaan, motivasi, dan semangat kerja, serta pemupukan permodalan.

c.   Wirausaha Unggul

Wirausaha unggul mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Berani mengambil risiko yang ditunjang dengan kemampuan memperhitungkan akibatnya, serta cara menghindarinya.
  2. Selalu berusaha mencapai dan menghasilkan yang terbaik untuk pelanggan, pemilik, pemasok, tenaga kerja, masyarakat, bangsa dan negara.
  3. Kreatif dalam mencari, menciptakan peluang pasar, dan meningkatkan produktivitas.
  4. Antisipatif terhadap perubahan dan akomodatif terhadap lingkungan.
  5. Selalu berusaha meningkatkan keunggulan dan citra perusahaan melalui investasi baru di berbagai bidang.

Di samping ciri-ciri tersebut di atas, menurut Geoffrey G. Meredith ciri-ciri wirausaha (entrepreneur ) sebagai orang yang

  • (1) percaya diri, 
  • (2) berorientasi tugas dan hasil, 
  • (3) berani mengambil risiko, 
  • (4) berjiwa kepemimpinan, 
  • (5) berorientasi ke depan, dan 
  • (6) keorisinilan.