Home EkonomiPerdagangan Internasional 3 Alat Pembayaran Internasional

3 Alat Pembayaran Internasional

by Ekonomi
0 comment
Benarkah hanya uang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional? Tidak bisakah benda-benda lain digunakan sebagai alat pembayaran internasional? Apabila disepakati oleh kedua pihak, bukan hanya uang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional, emas dan barang lain juga dapat digunakan. 
Secara rinci, alat pembayaran internasional terdiri atas:
  • 1.    Uang, yang dimaksud uang di sini bisa berupa mata uang dari pihak yang berpiutang (pengekspor) atau mata uang internasional tertentu sesuai kesepakatan kedua belah pihak, misalnya dolar AS. Cara penyampaiannya bisa dengan menggunakan telegrafis, transfer atau wesel.
  • 2.    Emas bila disepakati. Emas juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Jumlah emas yang harus diserahkan senilai dengan jumlah uang yang harus dibayarkan.
  • 3.    Barang-barang juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional. Penjualan barang yang dibayar kembali dengan barang sudah dilakukan sejak lama dan dalam perdagangan internasional disebut dengan istilah “perjanjian imbal balik” (countertrade).

Baca Juga :   8 Instrumen Kebijakan Perdagangan Internasional

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment