Home EkonomiManajemen Badan Usaha 2 Tingkatan Dalam Manajemen Beserta Cakupan dan Penjelasannya

2 Tingkatan Dalam Manajemen Beserta Cakupan dan Penjelasannya

by Ekonomi
0 comment
Dari definisi manajemen, dikenal istilah manajer. Manajer adalah seseorang yang  bertindak sebagai perencana, pengorganisasian, pelaksana, dan pengendali sumber daya untuk mencapai tujuan. Seorang manajer yang baik harus memiliki sifat kepemimpinan. Kepemimpinan adalah sikap dan perilaku untuk memengaruhi bawahan agar mereka mampu bekerja sama dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Manajer   dibedakan berdasarkan  cakupan aktivitas yang dilakukan, berdasarkan jenjang atau hierarki dan peranan manajer dalam organisasi.

A.  Cakupan Aktivitas yang Dilakukan

Berdasarkan cakupan aktivitas yang dilakukan, manajer dibedakan menjadi manajer umum dan manajer fungsional.
1)   Manajer Umum (General Manager)
Seorang manajer yang bertanggung jawab atas semua aktivitas seperti produksi, penjualan, pemasaran, dan keuangan untuk sebuah organisasi atau perusahaan.
2)   Manajer Fungsional (Functional Manager)
Seorang manajer yang bertanggung jawab hanya atas  satu aktivitas organisasi, seperti manajemen keuangan atau manajemen sumber daya manusia.

B.  Jenjang dan Hierarki

Berdasarkan jenjang  atau hierarkinya, manajer dibedakan sebagai berikut.
1)   Manajer Puncak (Top Manager)
Manajer puncak adalah jenjang  manajemen tertinggi yang biasanya terdiri atas  dewan direktur dan direktur utama. Manajer puncak bertanggung jawab pada manajemen keseluruhan dari sebuah organisasi. Mereka menetapkan kebijakan operasional dan pedoman interaksi organisasi dengan lingkungannya. Biasanya nama jabatan manajer puncak adalah Chief Executive Officer (CEO), presiden, dan wakil presiden organisasi.
2)   Manajer Tingkat Menengah (Middle Manager)
Setingkat di  bawah manajer puncak adalah manajer tingkat menengah. Tugas utamanya adalah mengembangkan rencana- rencana operasi dan  menjalankan keputusan-keputusan yang telah ditetapkan manajemen puncak serta bertanggung jawab kepada manajer puncak. Termasuk ke  dalam tingkat manajer tingkat menengah adalah kepala bagian/divisi dan kepala seksi.
3)   Manajer Pelaksana atau Manajer Tingkat Pertama (Supervisory Manager/First-Line Manager)
Manajer pelaksana adalah manajemen tingkat paling bawah. Tugasnya terutama untuk menjalankan keputusan dan rencana yang telah ditentukan manajemen menengah. Mereka bertanggung jawab mengawasi pelaksanaan pekerjaan sehari-hari (operasional) dan tidak membawahi manajer lain. Termasuk ke dalam manajer pelaksana adalah kepala mandor, mandor, manajer tim sepak bola, dan kepala sekolah.

Baca Juga :   3 Tahap Penyusunan APBN

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment