2 Jenis Danau dan Proses Pembentukan Danau

Danau adalah massa air dalam jumlah besar yang berada dalam suatu cekungan atau basin di wilayah daratan. Berdasarkan proses terjadinya danau dapat dibedakan menjadi 2 yaitu danau alam dan danau buatan.

a. Danau Alam
Danau alam adalah danau yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Ada beberapa macam danau alam :
– Danau tektonik
Danau tektonik yaitu danau yang terbentuk karena adanya penurunan daratan yang disebabkan oleh tenaga tektonik. Contohnya danau singkarak di sumatera.
– Danau vulkanik
Danau vulkanik yaitu danau yang terbentuk akibat adanya letusan gunung api. Setelah letusan gunung api tersebut mati, kemudian kepundan gunung terisi air hujan sehingga terbentuk danau. Contohnya danau maninjau, dan kerinci di sumatera dan danau kelud di jawa.
– Danau tektonovulkanik
Danau tektovulaknik yaitu danau yang terbentuk akibat adanya proses vulkanik dan tektonik. Akibatnya terjadi letusan gunung api, sebagian gunung patah dan menutup lubang kepundan. Lubang kepundan yang tertutup tersebut terisi oleh air hujan. Contohnya danau toba di sumatera.
– Danau karst
Danau karst yaitu danau yang terbentuk akibat pelarutan didaerah kapur yang disebut juga dolina. Contohnya Uvala bendo gede di gunung kidul yogyakarta.
– Danau glasial
Danau glasial yaitu danau yang terbentuk karena erosi gletser. Contohnya The Great Lake di Amerika Serikat.
– Danau bendungan alam
Danau bendungan alam yaitu danau yang terbentuk karena aliran sungai terbendung, misal karena tanah longsor atau oleh aliran lava dari gunung yang meletus. Contohnya danau air tawar di aceh dan tondano di sulawesi.
b. Danau buatan
Danau buatan adalah danau yang sengaja di buat oleh manusia untuk keperluan tertentu. Contohnya waduk jatiluhur dan saguling di jawa barat dan waduk kedungombo di jawa tengah. Baik danau alam maupun danau buatan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Di Indonesia manfaat waduk untuk pembangkit listrik, pengairan lahan pertanian, pengendali banjir, rekreasi dan budidaya ikan.
]]>