Home GeografiInderaja dan SIG 11 Bidang Pemanfaatan SIG dan 12 Alasan Penggunaan SIG

11 Bidang Pemanfaatan SIG dan 12 Alasan Penggunaan SIG

by geografi
0 comment

Sistem Inforamasi kini kerap digunakan dalam berbagai bidang karena beragam keunggulan dan keuntungganya dalam berbagai macam aspek. Berikut bidang-bidang yang menggunakan SIG sebagai salah satu metode analisisnya beserta alasan mengapa SIG sering dijadikan sebagai salah satu prioritas dalam penyelesaian masalah pada suatu bidang.

1. BIDANG PEMANFAATAN SIG

SIG dengan segala kemampuannya dapat dimanfaatkan dan diterapkan dalam berbagai bidang. Beberapa contoh penerapan dan pemanfaatan SIG adalah sebagai berikut.
a. Bidang Sumber Daya Alam
Dalam bidang sumber daya alam SIG mempunyai peranan untuk menginventarisasi, manajemen, dan kesesuaian lahan untuk pertanian, perkebunan, kehutanan, perencanaan tata guna lahan, menganalisis daerah persebaran tambang, dan sebagainya.
b. Bidang Perencanaan Ruang
Dalam bidang perencanaan ruang SIG dapat digunakan untuk merencanakan pemukiman penduduk, perencanaan tata ruang wilayah, perencanaan kota, perencanaan lokasi dan relokasi industri, pasar, menganalisis daerah rawan bencana, dan sebagainya.
c. Bidang Kependudukan
Dalam bidang kependudukan SIG berperanan untuk penyusunan data pokok, penyediaan informasi kependudukan dan sosial ekonomi, sistem informasi untuk pemilihan umum, dan sebagainya.
d. Bidang Pertanahan
Dalam bidang pertanahan SIG digunakan untuk mengetahui persebaran dan jenis-jenis tanah, manajemen pertanahan, dan sejenisnya.
e. Bidang Pariwisata
Dalam bidang pariwisata SIG dapat digunakan untuk inventarisasi daerah pariwisata dan analisis daerah unggulan untuk pariwisata.
f. Bidang Telekomunikasi
Dalam bidang telekomunikasi SIG dapat digunakan untuk inventarisasi jaringan telekomunikasi, perizinan lokasi jaringan telekomunikasi, dan analisis perluasan jaringan telekomunikasi dan sebagainya.
g. Bidang Kelautan
Dalam bidang kelautan SIG dapat digunakan untuk inventarisasi dan pengamatan daerah pasang surut, daerah pesisir pantai/laut, taman laut dan sejenisnya.
h. Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan SIG berguna untuk penentuan kesesuaian lokasi pendidikan, sistem informasi kependidikan, alat bantu pemahaman dan pembelajaran untuk masalah-masalah geografi bagi peserta didik.
i. Bidang Transportasi dan Perhubungan
Dalam bidang transportasi dan perhubungan SIG berguna untuk inventarisasi jaringan transportasi dan pembuaatan jalur alternatif baru untuk kelancaran arus transportasi.
j. Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan SIG berguna untuk penyediaan data atribut dan data spasial yang menggambarkan distribusi atau pola spasial penyebaran penyakit, dan lain-lain.
k. Bidang Militer
Dalam bidang militer SIG berguna dalam penyediaan data spasial untuk analisis rute-rute perjalanan logistik, peralatan perang, dan lain sebagainya.

2. ALASAN PENGGUNAAN SIG

Ada 12  alasan mengapa SIG banyak digunakan dalam dalam berbagai bidang antara lain sebagai berikut.
  1. SIG dapat menurunkan data-data secara otomatis tanpa harus melakukan interpretasi secara manual.
  2. SIG dapat merubah presentasi dalam berbagai bentuk.
  3. SIG dapat memanipulasi bentuk dan tampilan visual data spasial dalam berbagai skala yang berbeda, dengan mudah, dan fleksibel.
  4. SIG memiliki kemampuan untuk analisis spasial dan nonspasial.
  5. Pengoperasian SIG dapat dilakukan secara interaktif dengan bantuan menu- menu dan help yang bersifat user friendly.
  6. SIG dapat digunakan sebagai usaha untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep lokasi, ruang, kependudukan, dan unsur-unsur geografi yang ada di permukaan bumi.
  7. SIG sangat membantu dalam pekerjaan yang berhubungan dengan bidang spasial dan geoinformasi.
  8. Penanganan data geospasial menjadi lebih baik dalam format baku.
  9. Revisi dan pemutakhiran data menjadi lebih mudah.
  10. Data geospasial dan informasi menjadi lebih mudah dicari, dianalisis, dan di presentasikan.
  11. Menjadi produk yang mempunyai nilai tambah.
  12. Mempunyai kemampuan menukar data geospasial. m. Penghematan waktu dan biaya.
sumber : Endarto, Danang. dkk. 2009. Geografi 3 : Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
]]>

Baca Juga :   Interpretasi citra

Baca Juga Lainnya Kak..

Leave a Comment