11 Bidang Akuntansi Beserta Penjelasannya

Sebagai sumber informasi yang diperlukan oleh berbagai pihak, akuntansi mampu menyajikan berbagai jenis hasilnya sesuai dengan kebutuhan pemakai. Oleh karena itu, akuntansi dikelompokkan   dalam beberapa bidang sesuai dengan kebutuhan pemakai yaitu:
  • 1. Akuntansi Keuangan (financial accounting), merupakan bidang akuntansi yang mempunyai proses dan bertujuan untuk menyajikan laporan kepada pemakai secara umum. Informasi yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan ini adalah berupa laporan keuangan yang menyajikan kondisi perusahaan secara menyeluruh.
  • 2 .   Akuntansi Manajemen (management accounting), bidang ini menyajikan data yang dapat membantu manajemen (manajer) dalam menjalankan operasinya sehari-hari dan
  • merencanakan operasinya di masa depan. Data yang diolah dalam akuntansi manajemen ini dapat berupa data riil historis (masa lalu), maupun data yang berupa taksiran.
  • 3 .   Teori Akuntansi ( accounting theory ), bidang ini mempelajari tentang penalaran logis dan konsep-konsep yang menjelaskan dan melandasi praktik atau struktur akuntansi yang sedang berjalan dan yang sebaiknya dijalankan. Teori akuntansi membahas berbagai aspek dalam mengevaluasi berbagai alternatif prinsip yang dapat dijadikan standar yang akhirnya akan memengaruhi praktik akuntansi.
  • 4 .   Pengauditan (auditing), bidang ini membahas tentang prinsip, prosedur dan teknik pengauditan atas laporan keuangan selanjutnya untuk diberikan pendapat tentang kewajaran laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan. Kewajaran dalam penyajian laporan keuangan tersebut adalah, apakah laporan keuangan sudah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.
  • 5 .   Akuntansi Biaya (cost accounting), bidang ini membahas tentang prosedur dan teknik pengumpulan dan pengolahan data biaya untuk menentukan besarnya biaya yang dikorbankan dalam mencapai tujuan. Informasi dari akuntansi biaya ini bermanfaat untuk perencanaan dan pengendalian biaya serta menentukan harga pokok. Selain itu dapat digunakan sebagai dasar analisis biaya secara tepat.
  • 6 .   Manajemen Biaya (cost management), membahas masalah pengukuran aktivitas dan objek-objek strategik dalam rangka pengambilan keputusan strategis untuk mencapai keunggulan kompetitif di antaranya tentang kualitas suatu produk atau jasa dan tentang kesempatan/peluang. Pemakai informasi akuntansi ini adalah pihak intern perusahaan yaitu manajemen.
  • 7 .   Sistem Pengendalian Manajemen (management control systems), bidang ini membahas tentang perancangan sistem dan proses untuk memotivasi para manajer divisi agar menerapkan strategi perusahaan. Manajer divisi
  • diharapkan mampu mengambil keputusan sesuai dengan kebijakan dan tujuan perusahaan secara keseluruhan.
  • 8 .   Akuntansi Pajak (tax accounting), merupakan bidang akuntansi yang membahas tentang transaksi perusahaan dan berbagai peraturan perpajakan serta pengaruh peraturan tersebut terhadap laporan keuangan khususnya dalam penentuan laba perusahaan. Akuntansi pajak lebih banyak diterapkan oleh perusahaan persekutuan dan perusahaan besar dengan tujuan meminimumkan besarnya pajak (menghindarkan pajak) dengan tidak melanggar peraturan (undang-undang perpajakan).
  • 9 .   Sistem Informasi Manajemen (management information system), bidang ini dibahas tentang perancangan sistem penyediaan informasi untuk berbagai kepentingan manajemen. Adanya kemajuan teknologi komputer telah menggeser sistem akuntansi manual bergeser pada pengolahan data akuntansi secara elektronik. Pengertian sistem informasi akuntansi cenderung lebih sempit yaitu menjadi Electronic Data Processing (EDP) yang merupakan bagian dari sistem informasi manajemen.
  • 11. Sistem Akuntansi (accounting system) , bidang ini mempelajari berbagai perancangan perangkat pencatatan dan pengolahan data agar laporan keuangan dapat disusun dan disajikan dengan cepat, akurat, dan efisien.
  • 12Akuntansi Pemerintahan (governmental accounting) merupakan   perekayasaan dan sistem pertanggung- jawaban akuntansi   untuk unit organisasi pemerintahan secara nasional. Hasil perekayasaan tersebut berupa kerangka konseptual pelaporan keuangan pemerintahan.
  • 13. Analisis Laporan Keuangan (financial statement analysis), bidang ini mempelajari bagaimana meman- faatkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang tersaji dalam laporan keuangan untuk menunjang dalam pengambilan keputusan melalui   teknik-teknik analisis untuk mengukur kinerja perusahaan dari segi keuangan baik untuk tujuan investasi maupun pertanggung- jawaban.